News  

Uncen Optimis Buka Fakultas Kedokteran di Provinsi Papua Pegunungan

Ini menjadi salah satu tugas yang perlu kita kawal karena kebutuhan daerah

Kedokteran Imma-Purek-IV-Uncen-768x569
Pembantu Rektor IV Uncen, Fredrik Sokoy, saat memberikan keterangan kepada awak media usai pelantikan pengurus cabang 8 kabupaten pemekaran di gedung Aithosa Wamena, Jayawijaya, Jumat-Jubi

Wamena, Jubi TV – Manajemen Universitas Cenderawasih (Uncen) Papua optimis bisa membuka cabang Fakultas Kedokteran (FK) di provinsi baru, Papua Pegunungan, sebagaimana harapan masyarakat dan pemerintah.

Wakil Rektor Uncen Bidang Kerja Sama IV, Fredrik Sokoy, S.Sos, M.Sos di Wamena, Provinsi Papua, Minggu mengatakan perlu adanya konsolidasi terlebih dahulu dengan Pemerintah Kabupaten Jayawijaya di Papua Pegunungan.

“Terkait permintaan (dari Pemkab Jayawijaya) untuk membuka cabang Fakultas Kedokteran Uncen itu kita akan konsolidasikan karena mungkin soal periode saja. Periode dalam arti waktu yang tepat kita bisa melakukan itu,” katanya dilansir Antara

Keinginan pemerintah dan masyarakat Papua Pegunungan itu, kata dia, baru bisa diwujudkan setelah manajemen universitas ini membenahi sistem pendidikan di sana agar lebih baik.

Salah satunya terkait banyak mahasiswa Fakultas Kedokteran Uncen telah mengikuti teori namun belum melakukan praktik.

“Kalau itu (praktik atau koas) sudah dilakukan maka jumlah mahasiswa akan berkurang. Lalu dengan kekosongan ini akan mempermudah kita untuk membuka sayap. Jadi mungkin pertimbangan periode saja atau waktu yang tepat kita dapat melakukan,” katanya.

Ia mengatakan tidak menutup kemungkinan dibukanya fakultas lain seperti Fakultas Teknik yang sudah dilakukan Kabupaten Biak Numfor, sebab Uncen memiliki komitmen untuk lebih merakyat ke daerah-daerah.

“Ini menjadi salah satu tugas yang perlu kita kawal karena kebutuhan daerah itu tidak mungkin kita biarkan,” kata Fredrik Sokoy.

Sebelumnya Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua mengaku telah meminta pihak Uncen membuka cabang Fakultas Kedokteran di Pegunungan Papua sebab tenaga kedokteran sangat dibutuhkan dalam melayani masyarakat.(*)

Komentar
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 400x130