News  

Uncen Berencana usulkan Gelar Kehormatan Kepada Gubernur Lukas Enembe

Enembe dinilai memiliki sejumlah prestasi, termasuk menghadirkan PON XX Papua

Gubernur Papua Alex-Gubernur-Papua-Lukas-Enembe-1024x639-1
Gubernur Papua, Lukas Enembe - Dok. Jubi

Jayapura, Jubi TV– Universitas Cendrawasih atau Uncen berencana mengusulkan gelar Doktor Kehormatan atau Honoris Causa untuk Gubernur Papua, Lukas Enembe.

Hal tersebut disampaikan Direktur Program Pasca Sarjana Uncen, Prof Dr Drs Akbar Silo MS pada Senin (13/6/2022).Menurut Akbar, Lukas Enembe yang pada Senin menghadiri ramah-tamah dengan Rektorat Uncen layak mendapat gelar Doktor Kehormatan.

Enembe dinilai memiliki sejumlah prestasi, termasuk menghadirkan Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua.

Enembe juga disebut Akbar memiliki prestasi dalam membangun Papua. “Sejak memimpin Puncak Jaya, hingga memimpin Papua. ada banyak prestasi yang bisa ditelaah secara akademik, maupun jasa sosial kemasyarakatan dan pembangunan,” kata Akbar.

Akan tetapi, Akbar menyatakan Uncen tidak bisa serta merta mengusulkan Lukas Enembe untuk menerima gelar Doktor Kehormatan. Menurutnya, usulan seperti itu juga harus menyertakan referensi dari publik, termasuk tokoh gereja, tokoh pendidikan, maupun tokoh adat.

“Kami akan minta biodata lengkap Gubernur Enembe, beserta catatan prestasi beliau. Kemudian, [kami akan] meminta pandangan dari para tokoh,” ujarnya.

Jika seluruh proses itu berjalan lancar dan Enembe dinilai memenuhi persyaratan untuk menerima gelar Doktor Kehormatan, demikian menurut Akbar, Uncen akan melanjutkan usulan itu. Jika usulan itu disetujui, nantinya Enembe akan menyampaikan orasi ilmiah secara akademik.

“Langkah pertama kami lakukan adalah berkoordinasi secara kelembagaan, mulai dari program doktornya, dan koordinasi dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Uncen, agar mereka bersepakat untuk diusulkan melalui Rektor ,lalu dipertimbangkan oleh Senat. Apabila disetujui, akan diteruskan ke menteri,” kata Akbar. (*)

Artikel ini telah diterbitkan di Jubi.id dengan Judul: Uncen akan usulkan gelar Doktor Kehormatan untuk Gubernur Papua

Komentar
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 400x130