Yakob Sayuri dan Ricky Kambuaya dua Pemain Papua yang akan membela Timnas di Ajang AFF

Pemanggilan Yassa dan Ricky lantas melanjutkan tradisi pemain-pemain asal Papua

Timnas
Selebrasi sujud syukur dua bersaudara Yakob Sayuri (kiri) dan Yance Sayuri (kanan). – Jubi/Foto LIB

Jayapura , Jubi TV– Yakob Sayuri atau disapa akrab Yassa dan Ricky Kambuaya merupakan dua pemain asal Papua yang masuk dalam skuad tim nasional Indonesia di ajang Piala AFF 2022. Mereka terpilih bersama 21 pemain lainnya dari total 23 pemain yang diboyong oleh pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae Yong.

Pemanggilan Yassa dan Ricky lantas melanjutkan tradisi pemain-pemain asal Papua yang kerap menjadi tulang punggung timnas Indonesia di ajang Piala AFF sejak masih bernama Piala Tiger.

“Target pribadi saya, yang pastinya saya ingin sekali untuk bisa membawa Timnas Indonesia juara Piala AFF,” kata winger PSM Makassar, Yassa, Selasa (20/12/2022).

Pada edisi pertama Piala Tiger tahun 1996 di Singapura, skuad timnas Indonesia diperkuat oleh legenda Persipura Jayapura, Chris Leo Yarangga bersama Aples Gideon Tecuari. Ketika itu timnas Garuda finis diperingkat keempat (kalah dari Vietnam diperebutan tempat ketiga).

Di edisi kedua, tahun 1998 di Vietnam, Alexander Pulalo menjadi satu-satunya pemain asal Papua di skuad timnas Indonesia yang finis sebagai juara ketiga.

Lalu di Piala Tiger tahun 2000 di Thailand, tongkat estafet pemain asal Papua di timnas Indonesia dilanjutkan oleh bintang Persipura, Eduard Ivakdalam. Edu membawa timnas Garuda finis sebagai runner up.

Pada Piala Tiger 2002 yang digelar di Indonesia dan Singapura, skuad timnas Indonesia kembali diperkuat oleh Aples Tecuari yang ketika itu berbarengan dengan Elie Aiboy. Lagi-lagi Indonesia finis sebagai runner up.

Timnas Indonesia di Piala AFF 2004 di Malaysia dan Vietnam menjadi yang terbanyak yang memanggil pemain asal Papua. Ada Jack Komboy, Ortizan Solossa, Boaz Solossa muda, Elie Aiboy, dan Ricardo Salampessy. Skuad Garuda juga hanya finis sebagai runner up saat itu, setelah kalah dua leg dari Singapura.

Elie Aiboy kembali melanjutkan tradisi pemain Papua di timnas Indonesia pada Piala AFF 2006 di Singapura dan Thailand. Dua tahun berikutnya di Piala AFF 2008 di Indonesia dan Thailand, Elie Aiboy kembali dipanggil ke skuad timnas Indonesia bersama rekannya, Erol FX Iba.

Piala AFF 2010 di Indonesia dan Vietnam, skuad timnas Garuda diperkuat dua pemain Papua, Yesaya Desnam dan Oktovianus Maniani. Indonesia kembali finis sebagai runner up untuk keempat kalinya.

Kemudian di Piala AFF 2012 Malaysia dan Thailand, timnas Indonesia diperkuat empat pemain asal Papua, Cornelius Geddi, Vendry Mofu, Elie Aiboy, dan Oktovianus Maniani. Sayangnya, timnas Garuda tumbang di fase grup ketika itu.

Piala AFF 2014 di Singapura dan Vietnam, timnas Indonesia memanggil dua pemain asal Papua andalan Persipura Jayapura, Boaz Solossa dan Immanuel Wanggai. Ketika itu, Indonesia kembali terhenti di fase grup.

Dua tahun kemudian, di Piala AFF 2016 di Myanmar dan Filipina, timnas Indonesia kembali finis di posisi runner up dengan diperkuat dua pemain Papua , Boaz Solossa dan Yanto Basna. Boaz menyandang ban kapten ketika itu.

Lalu pada Piala AFF 2018, pelatih timnas Indonesia, Bima Sakti membuat cerita baru dengan tidak memasukkan pemain asal Papua ke dalam skuad Garuda untuk pertama kalinya. Alhasil, timnas juga tumbang di fase grup.

Di Piala AFF 2020 di Singapura, pelatih asal Korsel, Shin Tae-Yong memanggil tig pemain Papua , Ricky Kambuaya, Marckho Meraudje dan wonderkid Persipura, Ramai Melvin Rumakiek. Indonesia kembali finis sebagai runner up.

Jelang Piala AFF 2022, skuad Garuda kembali diperkuat oleh dua pemain Papua. Mereka yakni Yakob Sayuri dan Ricky Kambuaya. Keduanya saat ini berkiprah di kompetisi kasta tertinggi Indonesia, Liga 1, bersama PSM Makassar dan Persib Bandung. Yassa dan Ricky kembali melanjutkan tongkat estafet tradisi pemain asal Papua di skuad timnas Indonesia di ajang Piala AFF.

“Para pemain telah menunjukkan perkembangan yang baik dan bagus selama pemusatan latihan di Bali. Kami memilih pemain sesuai kebutuhan tim. Para pemain telah siap mengikuti Piala AFF 2022. Masih ada beberapa hari lagi untuk memamatkan taktik dan strategi jelang laga perdana melawan Kamboja (23/12),” ujar Shin Tae-yong.

Piala AFF 2022 digelar mulai 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023 mendatang. Timnas Indonesia berada di Grup A bersama Kamboja, Brunei Darussalam, Thailand, dan Filipina. (*)

Artikel ini sudah terbit di Jubi.id dengan judul: Yassa dan Ricky Kambuaya melanjutkan tradisi pemain Papua di Skuad Timnas Piala AFF

Komentar
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 400x130