News  

Peresmian Markas Polda Papua Dihadiri Para Jendral Polri dan TNI dari Jakarta

Ini baru pertama kali peresmian Mapolda dihadiri para jenderal. Ini sebagai hadiah untuk anggota dan masyarakat Papua

Polda IMG_20230108_214245
Peresmian Mapolda Papua baru oleh Kapolri dan Panglima TNI di Kota Jayapura, Minggu (8/1/2023). - Jubi/Alexander Loen

Jayapura, Jubi TV– Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meresmikan Markas Kepolisian Daerah atau Mapolda Papua baru yang terletak di kawasan Koya Koso, Kota Jayapura, Minggu (8/1/2023) sore.

“Ini baru pertama kali peresmian Mapolda dihadiri para jenderal. Ini sebagai hadiah untuk anggota dan masyarakat Papua,” kata Listyo Sigit di Jayapura, Minggu.

Listyo berharap jajaran Polda Papua bisa lebih meningkatkan kinerja dalam melayani masyarakat. “Tentunya ini tidak hanya sekadar membangun gedung, tapi bagaimana ke depan kualitas pelayanan kepolisian juga harus ditingkatkan, sehingga rakyat benar-benar merasa nyaman,” tegasnya.

Selain itu, Listyo juga berpesan agar peresmian itu semakin mempererat sinergitas dan soliditas hubungan antara TNI dan Polri. “Tentunya ini menjadi kunci sinergitas dan soliditas TNI/Polri semakin hari semakin kokoh, supaya bisa terus hadir memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat,” ujarnya.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua, Irjen Mathius D Fakhiri mengatakan area yang menjadi lokasi Mapolda Papua sebenarnya memiliki luas 150 hektare. Area itu diberikan Kapolda Papua periode 2001 – 2002, Irjen Made Mangku Pastika, karena pada masa itu banyak terjadi perkelahian antara personil Brimob dan prajurit Yonif 751/Vira Jaya Sakti. Lahan itu awalnya dijadikan tempat tempat untuk latihan dan berkebun.

“Harapan saya, dengan adanya Mapolda baru bisa membangkitkan semangat baru dan tidak pernah padam untuk menjaga stabilitas keamanan di Tanah Papua dengan lebih baik,” kata Fakhiri.

Menurut Fakhiri, anggaran pembangunan gedung Mapolda senilai Rp206 milliar, dengan luas bangunan 15 ribu meter persegi. “Memang kami hanya memakai [area seluas] 4,2 hektare [untuk Mapolda Papua], sebab kami ingin Brimob tetap memiliki tempat latihan guna meningkatkan kemampuannya,” ujarnya. (*)

Artikel ini sudah terbit di Jubi.id dengan judul: Kapolri Listyo Sigit resmikan Mapolda Papua baru

Komentar
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 400x130