News  

Pemkot Jayapura Akan Salurkan Dana Otsus kepada Sekolah Swasta dan Yayasan

Agar tidak ada antara sekolah swasta dan yayasan dengan sekolah negeri

 SKPKC Fransiskan Papua gelar nonton bareng film “Pendidikan di Tapal Batas”

Jayapura, Jubi TV– Pemerintah Kota Jayapura, Provinsi Papua akan menyalurkan dana otsus (otonomi khusus) kepada sekolah swasta dan yayasan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

“Mulai [tahun] 2023, karena sebanyak 80 persen anak-anak asli Papua sekolah di swasta dan yayasan, maka itu perlu didorong dengan dana otsus,” ujar Penjabat Wali Kota Jayapura, Frans Pekey, di Kantor Wali Kota Jayapura, Kamis (4/7/2022).

Katanya dapat digunakan untuk operasional sekolah, seperti peningkatan sarana dan prasarana, peningkatan kualitas tenaga kependidikan, dan peningkatan kualitas mutu belajar mengajar.

“Anak-anak asli [Papua] tidak bisa masuk sekolah negeri karena bisa jadi IPK rendah atau orang tua kekurangan anggaran, sehingga memilih untuk menyekolahkan anaknya di sekolah swasta dan yayasan,” ujarnya.

Dikatakannya, hal tersebut merupakan bentuk perhatian sekaligus pelayanan dari pemerintah daerah di bidang pendidikan, agar semua sekolah memiliki kualitas yang sama.

“Sekolah swasta dan yayasan berjuang sendiri bahkan untuk penerimaan siswa baru selalu kekurangan peserta. Proses belajar mengajar menjadi aman dan nyaman didukung dengan sarana dan prasarana memadai,” ujarnya

Pekey mejelaskan, setiap tahun Pemerintah Kota Jayapura menganggarkan 30 persen dari total dana otsus untuk bidang pendidikan.

“Agar tidak ada antara sekolah swasta dan yayasan dengan sekolah negeri. Padahal sama-sama memajukan pendidikan agar peserta didik bisa mencapai kesuksesan di masa depan,” ujarnya.

Pekey menambahkan, saat ini Kota Jayapura tidak lagi mengejar barometer karena sudah menjadi barometer pendidikan di Tanah Papua, namun yang diperlukan sekarang adalah kompetitif dan kompetensi.

“Hasil dari kelulusan itu sangat penting sehingga peserta didik mampu berdaya saing, menciptakan lapangan pekerjaan, dan menjadi tenaga kerja di masing-masing bidang,” jelasnya. (*)

Berita ini sudah terbit di Jubi.id dengan Judul: Sekolah Swasta dan Yayasan di Kota Jayapura juga Dapat Dana Otsus

Komentar
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 400x130