News  

Begini Alasan Rakyat Papua wajib rayakan Manifesto Politik setiap 1 Desember

Hari Manifesto Politik bagi bangsa Papua dari Sorong sampai ke Merauke

Papua
Pengibaran Bendera Bintang Kejora dan Bendera Belanda di depan Kantor Dewan Niew Guinea Raad di Holandia - Istimewa

Jayapura , Jubi TV– Ketua Niew Guinea Raad (NGR) Aminus Balingga membeberkan alasan perayaan hari manifesto politik kemerdekaan bangsa Papua Barat setiap tahunnya. Menurutnya Nieuw Guinea Raad ini merupakan satu peristiwa penting dalam perjalanan sejarah bangsa Papua.

“Sehingga rakyat Papua di mana pun Anda berada, hukum wajibnya memperingati hari bersejarah sebagai Hari Manifesto Politik bagi bangsa Papua dari Sorong sampai ke Merauke di tanah kolonial, daerah rantau agar dapat merayakan hari manifesto kemerdekaan bangsa Papua sesuai dengan gaya dan caranya masing-masing ,” tulisnya dalam siaran pers yang diterima Jubi, Rabu (12/1/2022).

Balingga mengatakan, dalam sidang luar biasa Niew Guniea Raad  yang berlangsung pada 30-31  Oktober 1961, menerima dan menetapkan manifest Komite Nasional Papua tentang bendera bangsa (Sang Bintang Fajar), lagu kebangsaan(Hai Tanahku Nieuw Guinea/Papua), nama bangsa (Papua) dan nama tanah air Papua Barat sebagai identitas penduduk pribumi wilayah Papua.

“Selanjutnya mendapat persetujuan pengesahan oleh Ratu Juliana Kerajaan Nederland dan penandatanganan pengesahan pada tanggal 20 November 1961 dan menetapkan tanggal 1 Desember 1961 sebagai Hari Pelaksanaan Upacara Kenegaraan Nieuw Guinea Nederlands,  memperkenalkan bendera dan memperdengarkan nyanyian bangsa Papua kepada penduduk pribumi Papua dan bangsa-bangsa di seluruh dunia sebagai wujud pengakuan Hak Bangsa Papua untuk menentukan nasib sendiri,” tulisnya.

Balingga mengatakan, atas dasar peristiwa bersejarah tersebut,  siapa pun yang hidup di tanah Papua patut bersyukur kepada Tuhan dan merayakan tanggal 1 Desember sebagai peristiwa bersejarah Bangsa Papua,  dengan cara  masing-masing.

“Sebagai bangsa yang bertuhan dan beradat, kita patut mengajarkan kebenaran sejarah bangsa Papua kepada anak dan cucu kita sebagai kewajiban moral tiap-tiap anak bangsa Papua,” katanya

Balingga mengatakan, rakyat Bangsa Papua harus bangga memiliki negeri permai yang menyimpan dan menyediakan semua kebutuhan anak bangsa Papua.

“Kita juga wajib menjaga keseimbangan ekologi dan ekosistem dalam cakupan wilayah Bangsa Papua untuk menjamin keberlangsungan kehidupan yang sehat dan makmur berkelanjutan dari generasi ke generasi,” katanya.(*)

Artikel ini sudah terbit di jubi.id dengan judul: NGR : Rakyat Papua wajib rayakan hari manifesto politik bangsa Papua

Komentar
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 400x130