News  

Polisi Tangkap Yan Waris Sewa DPO Penyerangan Posramil Kisor Maybrat

Penangkapan ada 6 orang dari karyawan PT Bangun Kayu Irian dan 17 orang masyarakat di TKP

Kisor IMG-20221016-WA0074
Kepala Bidang Humas Polda Papua Barat Kombes Pol. Adam Erwindi saat menampilkan foto DPO Penyerangan Pos Koramil Kisor-Jubi TV/Istimewa

Jayapura , Jubi TV– Daftar Pencarian Orang atau DPO terduga penyerang Pos koramil Kisor yaitu Yan Waris Sewa berhasil ditangkap, pada Jumat (14/10/2022).

Penangkapan dilakukan tim gabungan terdiri atas Brimob Polda Papua Barat bersama Polres Sorong Selatan dan Polres Maybrat, pukul 06.00 WP di Kampung Susumuk, Distrik Aifat, Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat.

Tim gabungan Brimob Polda Papua barat dipimpin langsung Dansat Brimob Kombes Pol. Pria Premos SIK MM bersama Kapolres Sorsel AKBP Dr. Choiruddin Wachid SIK dan Kapolres Maybrat AKBP Gleen Rooi Molle SIK.

“Bersama tim berhasil menangkap satu orang DPO penyerangan Posramil Kisor,” kata Kabid Humas Polda Papua Barat Kombes Pol. Adam Erwindi SIK MH dalam keterangan tertulis yang diterima Jubi, pada Minggu (16/10/2022).

Adam menjelaskan tersangka Yan pada saat kejadian penyerangan Posramil Kisor, serta bersama para pelaku lainnya di bawah menunggu di luar pos, di saat teman-temannya melakukan aksi pembunuhan di Posramil Kisor. dampak terhadap Posramil Kisor pada 2 September 2021 itu mengakibatkan empat prajurit TNI AD meninggal dunia.

“Tersangka dikenakan Pasal 340 KUHP, Pasal Subsider 338 KUHP Jo Pasal 55, 56 KUHP. Jadi total DPO sudah ditangkap terkait kasus penyerangan Posramil Kisor 11 orang, sebagian sudah menjalani proses pidananya, dari total 21 pelaku penyerangan hasil pengembangan kasus,” ujarnya.

Menurutnya, dalam penangkapan ada 6 orang dari karyawan PT Bangun Kayu Irian dan 17 orang masyarakat di tempat kejadian perkara, serta dimintai keterangan. Akan tetapi, di hari itu juga semuanya dikembalikan ke kampungnya masing-masing.

“Terima kasih banyak informasi masyarakat yang diberikan kepada pihak kepolisian, guna mencari para pelaku pembunuhan tersebut,” katanya.

Sementara itu, Willem Assem dari Tim Koalisi Kemanusiaan Maybrat mengatakan polisi menggunakan sekitar 16 kendaran termasuk mobil barakuda saat menangkap warga sipil di Kampung Kisor , Kampung Susumuk, Kampung Fan Kahrio, dan Kampung Sampika di Kabupaten Maybarat.

“Brimob dari Kompi C Sorong mereka menggunakan mobil barakuda sekitar 4 dan ditambah mobil-mobil lain yang menggunakan 16 kendaraan. Mereka masuk di kampung subuh, mereka menangkap sejumlah warga dari perempuan, laki-laki, tua muda, anak-anak di bawah umur,” kata Willem Assem kepada Jubi, pada Sabtu (15/10/2022) malam.

Assem menjelaskan setidaknya ada 23 warga yang ditangkap pihak kepolisian. Termasuk Yan Waris Sewa yang ditangkap dalam keadaan sakit berat. Pihak kepolisian juga menangkap warga yang bekerja di perusahan kayu PT Bangun Kayu Irian.

“Dia (Yan Waris Sewa) sakit sudah dua bulan, mereka menangkap entah dia hidup atau mati, kita belum memastikan. Mereka (polisi) juga kemudian menangkap karyawan terdiri dari orang asli Papua yang bekerja di PT Bangun Kayu Irian,” katanya. (*)

Berita ini sudah terbit di Jubi.id dengan judul: DPO penyerang Posramil Kisor ditangkap

Komentar
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 400x130