News  

Jelang Natal dan Tahun Baru, Pemerintah Kota Jayapura Gelar Operasi Pasar 

Kegiatan ini bertujuan untuk pengendalian inflasi

Pasat
Pj Wali Kota Jayapura saat melakukan pemantauan dan operasi pasar di Mega Waena, Distrik Heram, Jumat (2/12/2022). - Jubi/Ramah

Jayapura , Jubi TV– Pemerintah Kota Jayapura, Provinsi Papua melakukan pembinaan dan operasi pasar dalam rangka melaksanakan program stabilitas harga, sehingga terjangkau oleh masyarakat.

“Kegiatan ini bertujuan untuk pengendalian inflasi, ketersediaan pasokan, dan keterjangkauan harga pangan,” ujar Penjabat Wali Kota Jayapura, Frans Pekey saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Mega Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura , Jumat (12/2/2022) .

Harga kebutuhan bahan pokok biasanya melonjak pada hari-hari besar keagamaan, seperti Natal dan Hari Raya Idul fitri. Maka untuk mencegah hal itu terjadi, pemerintah daerah bersama tim pengendali inflasi daerah Kota Jayapura secara rutin melalui operasi pasar.

“Telur ayam, daging ayam, daging sapi, ikan tongkol, cakalang, minyak, bawang adalah bahan pangan penyumbang inflasi dan ketersediaan yang sewaktu-waktu menjadi sangat terbatas,” ujarnya.

Melalui pelatihan dan operasi pasar tersebut, masyarakat di ibu kota Provinsi Papua tidak lagi khawatir terhadap ketersediaan bahan pokok dan harga, sehingga masyarakat dapat berbelanja dengan tenang.

“Kami terus melakukan pengawasan dengan tujuan memberikan kenyamanan kepada masyarakat terutama dalam waktu dekat ini akan merayakan Hari Raya Natal dan Tahun Baru,” ujarnya.

Pekey berharap melalui operasi pasar tersebut dapat mengoptimalkan kelancaran distribusi melalui integrasi bersama antara pemerintah daerah dengan instansi terkait dan kepolisian.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Jayapura, Jean Hendrik Rollo, mengatakan kegiatan tersebut sebagai upaya mereduksi biaya transportasi barang atau jasa dari produsen kepada konsumen melalui distribusi perdagangan.

“Memastikan ketersediaan bahan pangan terutama dengan kerja sama antardaerah supaya stabilitas harga pangan tetap terjaga,” ujarnya.

Jean Rollo berharap melalui ketersediaan bahan pokok dan keterjangkauan harga agar perekonomian masyarakat semakin membaik seiring dengan pandemi Covid-19 yang semakin terkendali. (*)

Artikel ini sudah tayang di jubi.id dengan judul: Pemkot Jayapura gelar operasi pasar

Komentar
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 400x130