News  

Pendulang Emas di Baya Biru Paniai Mengungsi ke Lokasi 99 pasca Penyerangan

Kamp pendulang di lokasi penambangan 81 dan 45, Distrik Baya Biru, Kabupaten Paniai, Papua, dibakar KKB. ANTARA/HO

kata Fakhiri, KKB juga melakukan penembakan terhadap anggota yang sedang berpatroli.

Jubi TV– Para pendulang dari dua lokasi yang kamp pendulangan saat ini mengungsi ke lokasi 99, Distrik Baya Biru, Kabupaten Paniai, Papua.

Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius Fakhiri dilansir ANTARA di Jayapura, Minggu, (20/3-2022)  membenarkan para pendulang dari lokasi 81 dan 45 sudah mengungsi ke lokasi 99 karena KKB membakar kamp atau tempat tinggal mereka.

Dari laporan yang diterimanya, akibat KKB melakukan pembakaran terhadap kamp pendulang, Sabtu (19/3) malam, mereka menuju ke lokasi 99.

Namun, Kapolda menyatakan belum ada data berapa banyak pendulang yang mengungsi ke lokasi 99.

Insiden pembakaran itu terjadi pada Sabtu malam (bukan Minggu dini hari, red.). Dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa.

Sebelumnya, kata Fakhiri, KKB juga melakukan penembakan terhadap anggota yang sedang berpatroli.

Penembakan terhadap anggota yang berpatroli dari Pos 99 menuju lokasi area tambang emas 81. Pada saat kembali, mereka ditembaki dari arah WIN hingga diputuskan tidak lanjutkan perjalanan ke Pospol 99.

Pasukan yang berpatroli kembali ke Pospol 99 setelah memastikan kondisi aman namun mendapat laporan terjadi pembakaran kamp pendulang, puskesmas, dan perumahan guru.

Ia menduga KKB yang melakukan penembakan dan pembakaran merupakan kelompok dari Intan Jaya.

Diakuinya bahwa penambahan pasukan belum dapat dilakukan karena tidak adanya transportasi dari Enarotali ke Baya Biru sehingga personel Polres Paniai harus ke Nabire terlebih dahulu.

Kapolda memperkirakan pada hari Senin (21/3) ada penambahan personel dari Polres Paniai. Enarotali, Kabupaten Paniai dapat ditempuh melalui darat ke Nabire, Kabupaten Nabire.(*)

Komentar
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130