News  

Pemprov Papua kirim 1,2 Ton Bantuan Sembako ke Kuyawage

Provinsi akan terus membangun koordinasi dengan Bupati Lanny Jaya

Kelaparan IMG_20220803_193218
Warga Tani di Kuyawage Kabupaten Lanny Jaya, Papua-tangkapan layar video/Jubi TV

Tiom, Jubi – Pemerintah Provinsi Papua mengirim 1,2 ton bantuan berupa sembilan bahan untuk masyarakat Distrik Kuyawage, Kabupaten Lanny Jaya yang mengalami fenomena alam embun beku.

Bantuan itu diserahkan Sekretaris Daerah Provinsi Papua, Muhammad Ridwan Rumasukun kepada Penjabat Bupati Lanny Jaya, Petrus Wakerkwa di halaman Kantor Bupati Lanny Jaya, Sabtu (6/8/2022).

Rumasukun menyatakan bantuan yang diserahkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua itu terdiri dari beras, mi instan, minyak goreng, gula pasir, kopi, serta garam. Bantuan itu akan ditujukan kepada warga Distrik Kuyawage di Lanny Jaya.

“Intinya, setelah Pak Menteri Dalam Negeri sampaikan kepada kami, kehadiran pemerintah di tempat kejadian bencana [embun beku sangat diperlukan]. Maka, hari ini kami berkoordinasi, lalu hadir ([dengan memberikan bantuan sekaligus] melihat secara dekat apa saja yang harus dilakukan,” kata Rumasukun.

Pemprov Papua juga memberikan uang tunai Rp200 juta untuk digunakan dalam penanganan bencana itu.

“Pemprov Papua juga sebelumnya telah mengirim tenaga medis lewat Dinas Kesehatan setempat, berikut makanan siap saji,” ujarnya.

Rumasukun menyatakan akan terus menyelesaikan penanganan dampak hujan dan pembekuan yang merusak kebun warga Distrik Kuyawage.

“Intinya kami di provinsi akan terus membangun koordinasi dengan Bupati Lanny Jaya dan jajarannya. Apa saja yang dibutuhkan, kami siap mendukung, karena kejadian kemanusiaan itu adalah tugas kita semua,” sambungnya.

Penjabat Bupati Lanny Jaya Petrus Wakerkwa, mengatakan tentang bantuan itu untuk menilai pentingnya perhatian Pemprov Papua terhadap masalah kemanusiaan di Distrik Kuyawage.

“Intinya bantuan kepada warga bencana ini berlangsung terus dari Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya , Pemprov Papua, bahkan dari Kementerian Sosial RI. Isu yang menyebut pemerintah daerah tidak peduli itu tidak benar. Buktinya sekarang Pemprov Papua ada disini memberi bantuan. Setelahnya akan langsung kami antarkan,” tegas Wakerkwa.

Pada Sabtu, Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya juga mendapat tambahan pasokan 2,8 ton beras, 2.000 paket makanan siap saji, dan 500 paket pakaian dewasa dari Kementerian Sosial RI. Ahli Muda Direktorat Bencana Sosial dan Alam Kementerian Sosial, Hosea memastikan bantuan itu akan langsung disalurkan ke titik paling lambat pada Senin (8/8/2022).

“Kami melihat distribusi [bantuan bagi warga menghentikan bencana embung beku] lancar serta cukup.Perhatian dari pusat sangat besar untuk bencana alam Kuyawage/ Sebelumnya Kementerian Sosial sudah mendistribusikan bantuan berupa 2,8 ton beras, 500 paket sembako dan 500 paket pakaian,” kata Hosea.(*)

Berita ini sudah diterbitkan di Jubi.id dengan judul: Pemprov Papua salurkan 1,2 ton sembako ke Distrik Kuyawage, Lanny Jaya

Komentar
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 400x130