News  

Pemkab Jayawijaya Rekrut Guru Kotrak Khusus Orang Asli Papua 

Perekrutan guru kontrak ini untuk membantu program penerapan kurikulum muatan lokal bahasa daerah

OAP IMG_20230112_130133
Ilustrasi, murid SD di Papua. – Jubi/Dok

Jayapura, Jubi TV– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayawijaya melalui Dinas Pendidikan tahun ini akan kembali merekrut guru kontrak orang asli Papua atau OAP untuk ditempatkan di setiap satuan pendidikan yang ada di seluruh distrik di Kabupaten Jayawijaya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Jayawijaya, Natalis Mumpu, saat dihubungi Jubi, Rabu (11/1/2023), mengatakan tahun ini akan ada perekrutan sebanyak 200 guru kontrak putra asli daerah dan akan ditempatkan di semua jenjang pendidikan mulai dari TK/PAUD, SD, dan SMP.

Ia menyebut perekrutan guru kontrak ini untuk membantu program penerapan kurikulum muatan lokal bahasa daerah di setiap satuan pendidikan.

“Jika [tahun] 2022 kita telah rekrut 150 orang guru untuk melaksanakan pembelajaran kurikulum muatan lokal ini, tahun ini kami rekrut lagi sehingga ada 350 guru kontrak OAP ditambah 50 orang dari Indonesia Cerdas,” kata Natalis Mumpu.

Mumpu menjelaskan nantinya para guru yang dikontrak ini akan diambil dari setiap distrik sebagai dukungan pembelajaran bahasa daerah. Pasalnya, setiap distrik memiliki dialek atau logat atau aksen bahasa yang berbeda-beda.

“Misalnya kita mengangkat putra-putri asli Distrik Kurulu, maka kita akan kembalikan lagi ke distrik itu. Guru kontrak ini secara tidak langsung akan menjadi guru muatan lokal, karena sesuai dengan dialek atau mengetahui bahasa di setiap distrik sehingga bisa mengajar, mendidik kepada peserta didik menggunakan bahasa daerah,” katanya.

Ia pun menyebut sejauh ini pelaksanaan kurikulum muatan lokal bahasa daerah yang telah diterapkan sejak tahun ajaran 2022/2023 berjalan dengan baik, dimana tahun lalu baru diterapkan untuk satuan pendidikan tingkat TK/PAUD dan SD kelas 1 dan 2.

Sedangkan di tahun ini atau semester berikutnya, akan dilanjutkan untuk kelas 3-5 SD di setiap sekolah yang ada di seluruh Kabupaten Jayawijaya.

“Hal ini untuk mengajarkan kembali atau melestarikan bahasa daerah kepada generasi Jayawijaya sejak dini, agar tidak hilang begitu saja di era saat ini,” ucap Mumpu. (*)

Artikel ini sudah tayang di Jubi.id dengan judul: Pemkab Jayawijaya rekrut guru kontrak OAP

Komentar
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 400x130