News  

Masih Ada Kampung di Papua dan Papua Barat belum teraliri Listrik

Saat ini masih ada saudara-saudara kita, masyarakat kita belum menikmati listrik

PLN IMG_20221021_095536-768x576
Diskusi Multi Stakeholder Forum “Sosialisasi Awarenes SMAP untuk Stakeholder PT PLN (Persero)” yang diselenggarakan PT PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat bersama PT PLN Induk Pembangunan Maluku dan Papua di Kota Jayapura, pada Jumat (21/10/2022).

Jayapura, Jubi TV– General Manager PT PLN Unit Induk Wilayah atau UIW Papua dan Papua Barat, Budiono mengungkapkan setidaknya masih ada 199 desa atau Kampung di Papua dan Papua Barat belum tersentuh listrik. Desa-desa ini direncanakan akan diarahkan memakai energi baru dan terbarukan memanfaatkan sungai dan tenaga matahari.

Hal itu disampaikan Budiono dalam diskusi Multi Stakeholder Forum “Sosialisasi Awarenes SMAP untuk Stakeholder PT PLN (Persero)” yang diselenggarakan PT PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat bersama PT PLN Induk Pembangunan Maluku dan Papua di Kota Jayapura, pada Jumat (21/10/2022).

Budiono menjelaskan 199 desa yang belum tersentuh atau dialiri listrik baik itu listrik oleh pemerintah daerah, listrik mandiri maupun PLN terdiri atas 181 desa berada di Papua dan 18 desa di Papua Barat. Rencananya desa yang belum dialiri listrik ini akan diarahkan memakai energi baru dan terbarukan seperti, memanfaatkan sungai maupun tenaga matahari.

“Saat ini masih ada saudara-saudara kita, masyarakat kita belum menikmati listrik di Papua dan Papua Barat. Perhari ini masih ada 199 desa,” kata Budiono.

Budiono menyatakan kondisi sarana prasarana, akses jalan hingga kondisi keamanan menjadi tantangan sehingga semua desa di Papua dan Papua Barat belum tersentuh listrik. Misalnya dari 199 desa yang belum tersentuh listrik setidaknya ada 78 desa di Papua dan 12 desa di Papua Barat membutuh dukungan dari pihak TNI.

“Itu daerah yang belum dilistriki itu tidak bisa kita jangkau dengan akses darat, kemudian juga peralatan PLN cukup besar, tiang, jaringan, trafo, pembangkit itu harus dibawa pakai helikopter, pesawat. Itu yang membuat kita sedikit terlambat dalam pelayanan listrik untuk masyarakat Papua dan Papua Barat,” ujarnya.

PLN membutuhkan dukungan, sinergi dan kolaborasi dari semua pihak. Dukungan sangat penting guna membangun dan mengaliri listrik bagi masyarakat di semua desa di Papua dan Papua Barat.

“Kami menyadari, tidak bisa sendiri di dalam melistirikan Papua dan Papua Barat. Kami butuh dukungan, sinergi, butuh kolaborasi dengan bapak dan ibu sekalian untuk mari kita bersama-sama membangun kelistrikan di Papua dan Papua Barat ini menuju Papua dan Papua Barat yang benderang,” katanya.(*)

Berita ini sudah terbit di Jubi.id dengan judul: 199 desa di Papua – Papua Barat belum tersentuh jaringan listrik

Komentar
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 400x130