News  

Gempa 5,0 Guncang Sorong dan di Nabire 4,9

Ilustrasi - Gempa bumi yang tercatat oleh seismometer. -ANTARA

Jubi TV– Gempa bumi bermagnitudo 5,0 mengguncang Kota Sorong Provinsi Papua Barat pada Kamis pukul 08.25 WIT, namun tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Berdasarkan data yang diperoleh dari BMKG Sorong, pusat gempa bumi tersebut berada  pada koordinat 0.58 Lintang Selatan dan 131.35 Bujur Timur yang berjarak 34 km timur laut Kota Sorong dengan kedalaman 12 km.

Berdasarkan analisis BMKG, gempa bumi di Kota Sorong tersebut tidak berpotensi tsunami jika dilihat dari magnitudo atau kekuatan gempanya.

Wiwin warga kawasan Malanu Kota Sorong mengaku merasakan guncangan gempa bumi tersebut dan lari keluar rumah untuk menghindari dampak gempa.

“Guncangan gempa kuat sekali, saya kaget langsung menyuruh anak saya dan suami keluar ke halaman rumah,” ujarnya, dilansir Antara

Hal senada juga dikatakan oleh Ronal, warga pesisir pantai Tampa Garam Kota Sorong. Dirinya bersama keluarga juga keluar dari dalam rumah saat merasakan guncangan gempa bumi tersebut.

Gempa Nabire

Selain di Sorong pada Hari yang sama, Gempa berkekuatan magnitudo 4,9 mengguncang Nabire, Papua pada Kamis dini hari pukul 02:14 WIB.

Menurut Badan Meteorlogi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pusat gempa tersebut berada pada koordinat 3.88 LS-135.56 BT atau 46km barat daya Nabire dengan kedalaman 20km.

Gempa dirasakan dalam skala MMI II-III di Nabire.

Skala II artinya getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Sedangkan skala III berarti getaran dirasakan nyata di dalam rumah, seakan-akan ada truk berlalu.(*)

Komentar
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130