Episode 1 // Usman Hamid dan Victor Mambor : HAM di Papua dan Penanganannya

Jubi TV – Pemerintah Indonesia memiliki banyak unit kerja untuk Papua yang seringkali disebut Desk Papua. Begitu banyaknya Desk Papua ini ternyata tidak signifikan dengan kemajuan Hak Asasi Manusia. Persoalan Hak Asasi Manusia di Papua masih menjadi isu utama di Papua dan juga di Indonesia. Bahkan dalam beberapa waktu terakhir isu ini menjadi perhatian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
Begitupula diksi yang digunakan oleh Pemerintah Indonesia untuk mengidentifikasi kelompok bersenjata yang ada di Papua. Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB), Teroris, Kelompok Separatis Papua (KSP) dan beberapa diksi lainnya adalah diksi yang digunakan untuk kelompok bersenjata yang mengidentifikasi diri mereka sebagai Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNP). Penggunaan diksi berbeda ini sesungguhnya mengindikasikan kebingungan Pemerintah Indonesia dalam menangani konflik di Papua. Sama halnya dengan begitu banyaknya desk Papua di Kementerian dan Kelembagaan Pemerintah Indonesia. (*)

Komentar
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130