News  

BMKG Kategori waspada dampak hujan hari ini berlaku termasuk di Papua Barat

Berdasarkan peringatan dini cuaca yang dikutip dari situs BMKG dari Jakarta, Selasa, hujan lebat diprakirakan turun

Hujan
Hujan lebat mengguyur Manokwari Ibukota Provinsi Papua Barat Selasa (20/12)-Adlu Raharusun/Jubi

Jakarta, Jubi TV– Sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai angin kencang dan petir termasuk beberapa kota besar, menurut peringatan dini Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dilansir Antara.

Berdasarkan peringatan dini cuaca yang dikutip dari situs BMKG dari Jakarta, Selasa, hujan lebat diprakirakan turun di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur dan Nusa Tenggara Timur.

Hujan lebat juga dapat turun di wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Hujan dengan intensitas lebih moderat berpotensi terjadi di DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan.

Sementara itu, BMKG memperingatkan Sulawesi Barat dapat mengalami fenomena angin kencang.

Beberapa kota dapat mengalami hujan lebat yang disertai petir seperti Jambi, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, Kupang dan Medan.

Untuk wilayah DKI Jakarta, hujan ringan berpotensi terjadi di Jakarta Selatan dan Timur pada siang hari serta Jakarta Barat dan Pusat pada dini hari ini. Hujan lebat disertai petir dapat turun di Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu pada dini hari.

BMKG juga memperingatkan sejumlah provinsi masuk dalam kategori siaga dampak hujan lebat seperti banjir dapat terjadi di wilayah Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tenggara, Maluku dan Papua.

Kategori waspada dampak hujan untuk hari ini berlaku di wilayah Sumatera Utara, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Banten, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku Utara dan Papua Barat.(*)

Komentar
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 400x130