News  

TPNPB dan Brimob Baku Tembak di Ilaga Papua

 anggota-tpnpb-opm
Anggota TPNPB - Dok. Jubi

“Lenus Murib baru berusia 17 tahun. Dia murni masyarakat sipil dari Kampung Tebenggi. Hari Sabtu ini, sekitar pukul 15.10 WP, jenazahnya sudah diperabukan di Kampung Tebenggi,”

Jayapura, Jubi TV–Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat atau TPNPB dan pasukan Brimob terlibat baku tembak di Lapangan Trikora Kago, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, pada Jumat (27/5/2022) petang.

Seorang anak remaja berumur 17 tahun, Lenus Murib, tertembak saat berlari untuk menyelamatkan diri, dan meninggal dunia.

Warga Ilaga yang diwawancarai Jubi, Cheva Mabel menuturkan kontak tembak pada Jumat terjadi secara mendadak ketika warga tengah mengikuti pesta bakar batu di Lapangan Trikora Kago pada Jumat sore. Pesta bakar batu itu diselenggarakan Klasis Gereja Kemah Injil Papua (GKIP) Ilaga.

“Saat akan mengakhiri kegiatan pesta bakar batu, terjadi ledakan kecil dari belakang tenda panitia penyelengara, itu sekitar pukul 17.23 WP,” kata Mabel saat dihubungi Jubi melalui panggilan telepon pada Sabtu (28/5/2022). Ledakan itu ditimbulkan generator listrik yang meletup saat dinyalakan.

Ratusan warga yang menghadiri pesta bakar batu itu terkejut karena suara ledakan itu, dan berhamburan lari karena panik. Sementara sebagian warga lainnya msih berada di Lapangan Trikora Kago.

Sekitar pukul 17.27 WP, pasukan Brimob datang dengan kendaraan taktis, dan melepaskan tembakan. Tembakan itu dibalas oleh sekelompok kombatan TPNPB yang sebelumnya berjaga di Jalan Mundidok. Brimbo dan TPNPB akhirnya baku tembak di Lapangan Trikora Kago.

Warga yang masih berada di sana terjebak dalam situasi baku tembak itu, dan berusaha melarikan diri. Salah satunya, Lenus Murib, anak berumur 17 tahun yang berasal dari Kampung Tebenggi, Ditrik Gome Utara.

“Mereka [TPNPB dan Brimob] baku tembak di tengah Lapangan Kago. Saat Lenus Murib lari untuk berlindung, dia tertembak di bagian perut, dan meninggal. Dia adalah warga biasa yang berasal dari Kampung Tebenggi,” kata Mabel. Menurutnya, kontak tembak di Lapangan Kago itu berlanjut hingga sekitar pukul 18.21 WP.

Kerabat Lenus Murib, Ison Magai membenarkan Lenus Murib meninggal karena tertembak dalam insiden kontak tembak di Lapangan Kago pada Jumat.

“Lenus Murib baru berusia 17 tahun. Dia murni masyarakat sipil dari Kampung Tebenggi. Hari Sabtu ini, sekitar pukul 15.10 WP, jenazahnya sudah diperabukan di Kampung Tebenggi,” kata Magai.

Distrik Ilaga di Kabupaten Puncak merupakan salah satu titik konflik bersenjata di Papua. Pada 13 Mei 2022 lalu, terjadi pembakaran perumahan guru SMA Negeri 1 di Kampung Wako. Tidak ada korban jiwa dalam insiden itu. Polisi menuding pembakaran itu dilakukan oleh TPNPB, namun TPNPB membantah tudingan itu.

Pada 11 Mei 2022, seorang sopir truk bernama Nober Palintin (31 tahun) tewas ditembak di Kali Jilame, Ilaga. TPNPB mengaku bertanggung jawab atas penembakan yang menewaskan Palintin itu. (*)

Artikel ini telah terbit di Jubi.id dengan Judul: TPNPB dan Brimob Baku Tembak di Ilaga, Anak 17 Tahun Meninggal Tertembak

Komentar
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 400x130