JUBIARSIP
News  

Tim Medis Dikerahkan ke Kiwirok untuk Periksa Kesehatan Para Pengungsi

Tim kesehatan diberangkatkan dari Oksibil

Kiwirok
Tim kesehatan Satgas Damai Cartenz dan aparat distrik tiba di Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan. ANTARA/HO/Humas Polda Papua.

Jayapura, Jubi TV – Satuan Tugas Damai Cartenz mengerahkan tim kesehatan ke Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan, untuk melakukan pemeriksaan terhadap para pengungsi.

Memang saat ini baru 20 orang yang tiba dari 557 pengungsi asal Kiwirok yang terdata, kata Waka Satgas Humas Damai Cartenz 2022 AKBP Arif Irawan dilansir Antara, Sabtu di Jayapura.

Tim kesehatan sudah berada di Kiwirok, sejak Jumat (2/12) itu, bertugas memeriksa kesehatan para pengungsi yang sudah berada di distrik tersebut.

Tim kesehatan diberangkatkan dari Oksibil, ibukota Kabupaten Pegunungan Bintang dan langsung bergabung dengan anggota yang sudah berada di Kiwirok.

Saat ini yang sudah berada di Kiwirok adalah aparat kampung, para tokoh agama dan tokoh masyarakat serta kepala puskesmas.

“Kepulangan para tokoh dan unsur pimpinan di distrik yang diutamakan untuk mempersiapkan berbagai hal sebelum seluruh masyarakat Kiwirok kembali ke kampung halamannya,” kata AKBP Arif.

Sebelumnya Danpos Satgas Ops Damai Cartenz 2022 AKP Budi Suryono mengatakan aparat keamanan akan membantu masyarakat yang sudah pulang ke Kiwirok untuk mempersiapkan rumah mereka yang rusak karena ditinggal selama setahun lebih akibat terjadinya penyerangan yang dilakukan kelompok bersenjata bulan September 2021 lalu.

“Semua tim akan saling membantu agar persiapan pemulangan makin cepat mengingat banyak diantaranya yang sudah ingin kembali ke Kiwirok,” ujar AKP Budi Suryono

KKB pimpinan Lamek Taplo selain menyerang warga sipil juga menyerang petugas kesehatan hingga menyebabkan seorang di antaranya meninggal dan empat orang luka-luka. KKB merupakan istilah yang disematkan Pemerintah Indonesia kepada Kelompok Pejuang Papua Merdeka. (*)

Komentar
Exit mobile version