News  

SMP Negeri 1 Jayapura Raih Penghargaan Sekolah Teladan

UKBI adalah Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia

Teladan
Kepala SMP Negeri 1 Jayapura saat menunjukkan piagam penghargaan UKBI dari Balai Bahasa Papua - Jubi/Ramah

Jayapura, Jubi TV– Sekolah Menengah Pertama atau SMP Negeri 1 Jayapura berhasil mendapatkan penghargaan sebagai sekolah teladan dalam program kegiatan UKBI Adaptif Merdeka dari Balai Bahasa Papua.

“ UKBI adalah Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia, ” ujar Kepala SMP Negeri 1 Jayapura, Purnama Sinaga di SMP Negeri 1 Jayapura, Rabu (10/8/2022).

Dikatakannya, berkat pendampingan dari Balai Bahasa Papua terkait program UKBI, SMP Negeri 1 Jayapura mendapatkan nilai tertinggi bahkan untuk tingkat nasional atau hampir mencapai predikat sempurna.

“Kami bersyukur dan pendampingan dari Balai Bahasa kami bisa memperbaiki penggunaan bahasa Indonesia pada peserta didik dan tata bahasa di ruang publik di sekolah,” ujarnya.

Dikatakannya, program UKBI dari Balai Bahasa Papua tidak berdampak penggunaan bahasa tapi juga berdampak pada motivasi belajar peserta didik.

“Dampaknya sangat luar biasa bagi para peserta didik kami terutama untuk mengembangkan bahasa Indonesia, bertutur kaka dengan baik dan benar sesuai kaidah dalam pengucapan bahasa Indonesia,” ujarnya.

Dijelaskannya, tahun 2022 merupakan tahun kedua dalam pelaksanaan UKBI di SMP Negeri 1 Jayapura, yaitu pada tahun ajaran 2021/2022 dari kelas 7, 8, dan 9 yang sudah mengikuti UKBI sebanyak 890 anak.

“Kami mendapatkan penghargaan sebagai sekolah teladan dari program UKBI dari Balai Bahasa Papua. Hari ini adalah tahap pendaftaran untuk kelas 7 untuk mengikuti UKBI pada 15 agustus 2022,” ujarnya.

Purnama berharap, dengan pelaksanaan UKBI baik peserta didik dan buru mendapatkan informasi kemampuan bahasa Indonesia sesuai dengan aturan dan penerapan dalam kehidupan sehari-hari.

“Target kami 1000 anak yang mengikuti UKBI, kalau ditambah sebelumnya berarti kami sudah melebihi target,” jelasnya. (*)

Berita ini sudah diterbitkan di Jubi.id dengan judul: SMP Negeri 1 Jayapura dapat penghargaan UKBI

Komentar
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 400x130