News  

Sail Teluk Cendrawasih Harus Berdampak Ekonomi bagi Warga Lokal Papua

Papua Barat IMG-20220201-WA0100-1-1024x576
Prosesi 'skoperwai' atau penyiraman perahu salah satu tradisi suku Byak saat menyambut cafe apung perahu tradisional yang dikelola Yayasan Anak Air Pulau Papua di pantai Yenkarwar Biryosi Manokwari. (Jubi/Hans Arnold Kapisa). Artikel ini telah tayang di wordpress-659057-2284628.cloudwaysapps.com -LINK Sumber- https://jubi.co.id/yayasan-anak-air-hadirkan-cafe-apung-perahu-tradisional-di-teluk-doreri-manokwari/

“Sail Teluk Cenderawasih juga mengenalkan potensi maritim wisata bahari di kawasan Pasifik, adat budaya asli Papua, kuliner khas daerah serta memperlihatkan gambaran Papua daerah aman,”

Biak, Jubi TV -Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengharapkan pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih 2023 (STC)  berdampak menguntungkan secara ekonomi bagi warga lokal orang asli daerah di Papua dan Papua Barat.

“Sail Teluk Cenderawasih juga mengenalkan potensi maritim wisata bahari di kawasan Pasifik, adat budaya asli Papua, kuliner khas daerah serta memperlihatkan gambaran Papua daerah aman,” kata Moeldoko pada forum diskusi grup Sail Teluk Cenderawasih, Senin (30/5) malam dilansir Antara

Moeldoko menambahkan, kegiatan STC 2023 sebagai pengungkit percepatan pembangunan Papua serta penguat kerja sama daerah antar wilayah adat.

Ia berharap, sejumlah kabupaten di Papua dan Papua Barat menjadi tempat penyelenggaraan STC 2023 untuk melakukan persiapan dengan baik sehingga dampaknya dapat dirasakan langsung masyarakat.

Menurut Moeldoko, KSP akan mengawal pelaksanaan STC 2023 dengan mensinergikan rencana kebijakan strategis nasional melalui kementerian terkait.

Sementara itu, Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap mengharapkan, bupati di sembilan kabupaten Papua dan Papua Barat yang menjadi tempat kegiatan STC 2023 untuk bersinergi dalam menyukseskan acara Sail Teluk Cendrawasih.

“Pelaksanaan STC sudah dilaporkan ke Presiden Jokowi saat saya diundang khusus di istana,” ungkap Herry Ario Naap.

Kehadiran KSP Moeldoko di Biak, menurut Herry Naap, sebagai bukti perhatian penuh pemerintah pusat terhadap rencana STC 2023.

“Sembilan kabupaten tempat STC punya waktu  satu tahun untuk menyiapkan Sail Teluk Cendrawasih pada September 2023,” kata Herry Naap.(*)

Komentar
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 400x130