JUBIARSIP
News, Video  

Putri terbaik jadi dubes, masyarakat Kampung Ifale di Kabupaten Jayapura syukuran

 Putri terbaik jadi dubes, masyarakat Kampung Ifale di Kabupaten Jayapura syukuran

Jubi TV – Presiden Jokowi, pada Selasa (11/1/2022) lalu, telah melantik Fientje Maritje Suebu sebagai Duta Besar Selandia Baru merangkap Samoa, Kerajaan Tonga, Kepulauan Cook dan Niue. Sebagai bentuk ungkapan rasa syukur terhadap hal tersebut, seluruh masyarakat Kampung Ifale di Kabupaten Jayapura, melangsungkan ibadah syukur bersama pemerintah daerah, pimpinan OPD, DPRD, pihak gereja, dan seluruh keluarga besar Suebu di Sentani. Ibadah syukur tersebut berlangsung di kediaman Ondofolo Kampung Ifale, Jhon Suebu, di Kemiri Sentani, Rabu (19/1/2022).

Usai ibadah syukur, dilanjutkan dengan sambutan dan ucapan terima kasih dari pihak keluarga, pemerintah daerah, dan sejumlah pimpinan OPD yang hadir. Mewakili pemerintah daerah, Asisten II Sekda Kabupaten Jayapura, Joko Sunaryo mengatakan terobosan dan kepercayaan yang telah diberikan negara kepada putra dan putri terbaik Papua saat ini, wajib disyukuri.

“Hal terpenting yang harus dilakukan saat ini adalah menata kembali sistem pendidikan yang selama ini dilaksanakan. Dengan sistem pendidikan yang baik, maka potensi sumber daya manusia seperti Ibu Fientje Suebu bisa diteruskan oleh generasi muda saat ini,” ujar Joko.

Di tempat yang sama, Lexi Suebu, sebagai orang tua mengatakan, sosok Fientje Suebu dalam menjalani pendidikan hingga meniti karir dari bawah, dan sampai pada jenjang saat ini sebagai dubes, adalah buah kerja kerasnya dengan mengikuti semua ajaran dan aturan yang ditetapkan oleh orang tua.

“Ditunjang dengan pengetahuan yang didapatkan dari bangku pendidikan dan terus mendekatkan diri kepada Tuhan, dan percaya segala ke-Maha-Kuasaan-Nya maka tidak ada yang mustahil. Untuk jabatan saat ini, kami orang tua dan seluruh keluarga sangat bangga dan menyampaikan banyak terima kasih kepada Pemerintah Republik Indonesia, atas kepercayaan yang besar ini,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Abhu Afa Ondofolo Kampung Ifale, Alberth Suebu, yang menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden Repulik Indonesia, Joko Widodo, Pemerintah Provinsi Papua, Pemerintah Kota dan Kabupaten Jayapura, atas kepercayaan yang besar bagi putri terbaik dari Kampung Ifale sebagai Duta Besar Penuh Selandia Baru. Kata Suebu, saat ini dan seterusnya program pendidikan berbasis Bahasa Inggris harus benar-benar diterapkan di setiap jenjang pendidikan.

“Hari ini kita akan memahami bahwa pendidikan sangat penting bagi kita semua. Hanya dengan pendidikan yang baik di setiap jenjang, kita bisa diberikan kepercayaan dari yang kecil hingga besar,” katanya.

Sementara itu, Duta Besar Selandia Baru, Fientje Maritje Suebu yang dihubungi melalui telepon seluler, menitipkan pesan kepada seluruh kaum perempuan di Papua dan khususnya di Sentani, bahwa perempuan juga bisa mencapai puncak karir seperti yang sedang dijalaninya saat ini.

“Perempuan Papua juga tangguh dan pekerja keras dalam segala hal, ada kemauan dan disertai dengan kesungguhan, maka apa yang diinginkan pasti tercapai,” katanya.

Fientje yang saat ini sedang berada di Selandia Baru untuk menjalani masa karantina selama sepuluh hari, turut memberikan pesan khusus bagi generasi muda di kampungnya agar tidak selalu ikut dalam kegiatan pesta pora dan foya-foya terutama dengan minol. Menurutnya, generasi muda di Kampung Ifale harus menunjukkan eksitensinya sebagai orang-orang yang mampu melakukan hal-hal yang besar.

“Terima kasih kepada seluruh keluarga, kerabat, dan pemerintah daerah yang telah melaksanakan syukuran ini. Pendidikan di Papua harus lebih ditingkatkan, keimanan kepada Tuhan serta eksitensi jati diri yang lahir dengan adat istiadat sebagai anak Papua, harus benar-benar diimplementasikan sebagai berkat Tuhan yang luar biasa bagi kita semua,” ujarnya. (*)

News Desk

 

Komentar
Exit mobile version