News  

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, 77 Mahasiswa dari Kampus Luar kuliah 1 Semester di Unipa

Selain belajar akademik, mereka diwajibkan untuk belajar budaya

Kampus IMG-20220917-WA0004_5.jpg
Puluhan mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi menyimak lagu-lagu tradisional Papua di Lapangan Borarsi, Distrik Manokwari Barat, Sabtu (17/9/2022). -ANTARA

Manokwari, Jubi TV – Sebanyak 77 mahasiswa dari 45 Perguruan Tinggi di Indonesia mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka yang dicanangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI di Kabupaten Manokwari, Papua Barat.

Dosen Modul Nusantara Nanang May di Manokwari, Sabtu, menjelaskan, ke- 77 mahasiswa yang bertukar itu kuliah di Universitas Papua (UNIPA) selama satu semester.

“Selain belajar akademik, mereka diwajibkan untuk belajar budaya, keberagaman dan toleransi senilai 4 SKS yang dikenal dengan nama Modul Nusantara yang diikuti setiap hari Sabtu dan Minggu,” ujar Nanang yang juga Dosen Kehutanan di UNIPA seperti dilansir Antara

Modul Nusantara dirancang untuk mengenal kebudayaan setempat. Dia menyebut Modul Nusantara dirancang untuk membantu mahasiswa melihat kekayaan ragam budaya dan alam Indonesia.

Dia berharap para mahasiswa yang datang dengan persepsi berbeda bisa melihat orang Papua mempunyai kesamaan dengan masyarakat luar, termasuk memiliki nilai toleransi yang tinggi.

Ke-77 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi itu datang sejak 15 Agustus 2022 dan direncanakan kembali ke kampusnya masing-masing pada Desember 2022.

Mahasiswa Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan (Unimed), Muammar Hanafi menilai selama sebulan terakhir apa yang ditemukan di Papua adalah hal menarik seperti masih terjaganya hutan.

Dia juga mengatakan telah mulai memahami kebudayaan masyarakat Papua di Manokwari, termasuk antusiasme masyarakat menjaga hutan dan produksi hasil hutan bukan kayu yang dapat menjadi warisan bagi generasi penerus.

Pada kegiatan Konser Perdana Musik Tradisional Papua di Lapangan Borarsi yang digelar Sabtu sore, mahasiswa program pertukaran ini hadir untuk menyimak dan mempelajari musik tradisional Papua. Sehari sebelumnya, para mahasiswa juga menghadiri Forestival di Taman Wisata Alam Gunung Meja untuk mempelajari pelestarian hutan oleh masyarakat dan LSM.(*)

Komentar
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

banner 400x130