JUBIARSIP
News  

Polda Papua siapkan Pejabat Utama sebagai Penghubung di Provinsi Baru hasil Pemekaran

Tugas-tugas yang dilimpahkan oleh kapolda nanti diperankan oleh pejabat LO

LO Kapolda-Papua
Kapolda Papua didampingi wakapolda bersama sejumlah pejabat utama saat memberikan keterangan kepada awak media di Mapolda, Kamis (24/11/2022). -Jubi/Islami

Jayapura, Jubi TV– Kepala Kepolisian Daerah atau Kapolda Papua, Inspektur Jenderal Mathius D Fakhiri mengatakan dalam waktu dekat dirinya akan melantik para pejabat utama Polda, sebagai Liaison Officer atau LO di tiga provinsi baru hasil pemekaran yaitu Papua Pegunungan, Papua Tengah dan Papua Selatan.

Menurutnya, penunjukan pejabat utama sebagai LO atau pejabat penghubung guna membantu, berkoordinasi, serta berkolaborasi dengan penjabat gubernur di setiap provinsi baru untuk mempersiapkan dari sisi keamanan.

“Tugas-tugas yang dilimpahkan oleh kapolda nanti diperankan oleh pejabat LO itu, berkoordinasi mengenai keamanan sambil menyiapkan bagaimana persiapan pembangunan infrastrutur, menunggu jika nanti telah diperintahkan oleh kapolri untuk pembentukan Polda baru,” kata Mathius Fakhiri, Kamis (24/11/2022) di Mapolda.

Nantinya kata Fakhiri, para pejabat berpangkat komisaris besar atau kombes yang ditugaskan itu, dapat mengkoordinir seluruh kapolres di wilayah masing-masing sesuai dengan DOB yang telah dibentuk, sehingga para kapolres cukup mengawal keamanan di wilayahnya masing-masing.

Ia menyebut, untuk proses pembentukan Polda baru di tiga provinsi masih menunggu perintah dari Mabes Polri, tentunya perlu pembahasan dari berbagai persoalan baik dari SDM maupun infrastruktur di Papua harus dipersiapkan terlebih dahulu.

Selain itu, di tempatkannya pejabat penghubung tersebut nantinya juga untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia atau SDM Polri untuk mengisi kebutuhan dalam pembentukan Polda baru.

“Disinilah tugas LO nanti untuk membantu dan sebagai perpanjangan tangan kapolda, bagaimana melihat kondisi sebenarnya kami akan data ulang, dan akan disampaikan ke kapolri termasuk kompolnas,” ucapnya.

Pentingnya mempersiapkan SDM terlebih dahulu, kata dia, agar pada saat peresmian Polda baru nantinya paling tidak polres-polres yang ada sudah terisi semua oleh personel yang dibutuhkan.

“Kita ketahui yang dimekarkan seperti di Papua Pegunungan saja contohnya masih sangat minim anggota, sehingga harus dipersiapkan dulu. Untuk itu, beberapa hari ke depan akan ada tim dari mabes Polri dan kompolnas melakukan kunjungan ke Papua,” katanya. (*)

Berita ini sudah terbit di Jubi.id dengan judul: Kapolda Papua siapkan pejabat penghubung di tiga provinsi baru

Komentar
Exit mobile version