News  

Penggagas Noken Papua Sambut Miss Keyza Edowai di Timika

Abeth Titus Pekei sedang mengalungkan noken kepada Miss Keyza Edowai-Jubi

Jubi TV– Titus Pekei, penggagas noken Papua, memberikan penghormatan khusus yakni memberikan penghargaan dengan mengalungkan noken baru buatan mama perajin noken kepada Miss Keyza Edowai di Bandar udara Internasional Moses Kilangin Timika, Mimika, Papia, Senin, (7/3/2022).

Miss Keyza Edowai adalah peraih penghargaan tertinggi Internasional Sosial Media dan Busana Nasional Indonesia di Brazil.

“Saya mengalungkan noken kepada Miss Keyza Edowai karena dia menghargai noken mama bangsa Papua. Saya memberikan penghargaan dengan nama Duta Noken. Kezya adalah perempuan Papua yang mewakili perempuan tujuh wilayah adat Papua. Materi noken Papua yang sudah presentasi di Brazil juga mempromosikan diri sendiri sebagai perempuan Papua. Noken adalah rahim kedua yang terdaftar sebagai warisan budaya tak benda UNESCO. Keyza Edowai adalah duta noken, pantas mendapatkan gelar duta noken,” kata Titus Pekei dilansir Jubi, Rabu (9/3-2022).

Menurut Pekei, penghargaan itu diberikan lantaran Miss Keyza mempromosikan noken Papua ketika tampil di panggung Internasional.

“Dari Papua kepada dunia melalui Indonesia, tampil di teater fashion Brazil,” ucapnya.

“Saat ini, Indonesia menghadapi berbagai masalah. Ironisnya menciptakan masalah merobek noken tanpa pelestarian sebagai warisan budaya dunia. Di tujuh wilayah adat Papua adalah wilayah konservasi noken warisan budaya tak benda [dunia],” kata dia.

Kehadiran putri Papua Kezya Edowai, lanjut dia, adalah diplomasi warisan budaya dunia yang sangat tinggi nilainya. Artinya, kaum perempuan Papua sebagai perajin noken masih di persimpangan jalan tetapi berpesan kepada dunia bahwa noken adalah warisan budaya dunia dari Tanah Papua.

“Noken multifungsi sebagai noken ilmu pengetahuan, pendidikan, dan kebudayaan dunia. Komunitas dunia mengakuinya. Pantas mendapatkan sosial media tertinggi dunia internasional,” katanya.

Saat Miss Keyza Edowai tiba kembali di negeri leluhurnya Tanah Papua, beberapa sanggar seni fashion di Timika menjemputnya.

“Hari ini Keyza Edowai layak dapat noken dengan kalungkan noken ini adalah hasil keringat mama Papua. Anda diberkati Allah Bangsa Papua. Atas prestasi dan teruslah kembangkan bersama adik-adik yang lainnya di Tanah Papua,” katanya.

Manajer Miss Ultra Universe Indonesia, Dian Infandi Nauw mengaku, Miss Kezya Edowai wakil Indonesia asal Papua di ajang Miss Ultra Universe, berhasil meraih dua gelar pada event yang digelar beberapa hari lalu di Sao Paulo, Brazil.

Dian Infandi Nauw mengatakan Kezya Edowai meraih dua penghargaan untuk Indonesia yakni Miss Ultra Universe Sosial Media 2022 dan Miss Ultra Universe Runner Up 1 Best National Kostum 2022 (medali perak).

“Semua dipersembahkan dengan usaha, waktu, tenaga, dan pengorbanan terbaik dari miss kita, untuk Indonesia dan Papua,” kata Dian Infandi Nauw.

Keyza merupakan putri dari pasangan Natalis Edowai dan Erlince Gobai yang selama ini bermukim di Mimika. (*)

Komentar
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130