News  

Pemkab Lanny Jaya Pasok 8,9 Ton Beras Pasca Hujan Es di Distrik Kuyawage

Beras 8,9 ton yang sudah diturunkan dengan sembilan bahan pokok

Fenomena 20220721-Kuyawage-2
Kebun warga di Distrik Kuyawage, Kabupaten Lanny Jaya, yang rusak karena hujan es yang terjadi pada pekan lalu. – Dok. Warga Kuyawage

Wamena, Jubi TV – Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya, Provinsi Papua, telah mengirim atau memasok 8,9 ton beras untuk warga yang terkena bencana kekeringan di Distrik Kuyawage.

Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Lanny Jaya Tendien Wenda melalui telepon, Kamis, mengatakan pihaknya baru mengetahui adanya kekeringan di distrik itu.

“Kami, pemerintah daerah, telah mengambil langkah untuk mengatasinya. Beras 8,9 ton yang sudah diturunkan dengan sembilan bahan pokok lengkap. Sudah dikirim ke Kuyawage,” katanya dilansir Antara Sabtu (30/7/2022)

Sekda mengatakan bencana kekeringan ini berada pada skala sedang atau berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang cukup parah.

Walau demikian, setelah memperoleh informasi dari warga, pemerintah langsung membentuk tim untuk turun ke distrik.

Dari hasil ke lapangan, diketahui empat kampung di Kuyawage yang terdampak.

“Masyarakat terdampak itu 500 jiwa di Distrik Kuyawage, 61 orang sakit sehingga kami, pada Senin, akan rapat dan turunkan kekuatan penuh Dinkes dan peralatan lengkap,” katanya.

Ia memastikan pemerintah telah menyiapkan penanganan lebih lanjut sebab biasanya setelah bencana kekeringan, akan diikuti dengan hujan es.

“Kalau hujan es turun maka semua tanaman yang sudah kering, bahkan ubi atau keladi yang ada di dalam tanah itu membusuk dan bau. Itu yang biasanya membuat masyarakat mengungsi ke daerah Puncak, Puncak Jaya, Lanny Jaya dan sekitarnya,” katanya.(*)

Komentar
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 400x130