News  

Pemerintah Kota Jayapura Targetkan PAD 2023 Rp 256 Miliar

Kami optimis bisa mencapainya karena penerimaan PAD 2022 kami bisa melebihi target

PAD Ramah-Rakornis-PAD-768x502
Pemerintah Kota Jayapura bersama instansi terkait terkait saat menggelar evaluasi kinerja PAD 2022, Kamis (27/10/2022). – Jubi/Ramah

Jayapura, Jubi TV– Pemerintah Kota atau Pemkot Jayapura menargetkan pendapatan asli daerah atau PAD pada tahun 2023 sebesar Rp256 miliar lebih, karena membaiknya penerimaan pajak dan retribusi.

“Kami optimis bisa mencapainya karena penerimaan PAD 2022 kami bisa melebihi target dari target sebesar Rp 250 miliar lebih,” ujar Plt. Kepala Bapenda Kota Jayapura , Ali Mas’udi, di Kantor Wali Kota Jayapura , Kamis (27/10/2022).

Dijelaskannya, rencana target tersebut berdasarkan pajak daerah sebesar Rp 214 miliar lebih, retribusi daerah sebesar Rp 28 miliar lebih, bagian laba atas penyertaan moda pada BUMN sebesar Rp 6 miliar lebih, dan lain-lain PAD yang sah sebesar Rp 6 miliar lebih.

“Kami terus melakukan sosialisasi kepada wajib pajak dan meningkatkan pelayanan baik offline maupun online . Saya menyampaikan terima kasih kepada wajib pajak yang sudah meningkatkan PAD,” jelasnya.

Ali berharap kepada pegawai Bapenda Kota Jayapura untuk terus melakukan inovasi dan memberikan pelayanan yang baik serta transparan kepada wajib pajak sebagai sumber penerimaan PAD.

Penjabat Wali Kota Jayapura , Frans Pekey, mengatakan setiap OPD wajib melakukan evaluasi terhadap sumber penerimaan penerimaan sebagai untuk target PAD 2023.

“Tentunya mempertimbangkan dengan pertumbuhan ekonomi, apalagi ada krisis global baik pangan dan keuangan. Kita berdoa agar dampak itu tidak terjadi di Kota Jayapura sehingga target bisa tercapai,” ujarnya.

Dikatakannya, inovasi dan kreativitas untuk mengoptimalkan PAD agar memperkuat peningkatan fiskal daerah untuk pembangunan di Kota Jayapura .

“Menentukan regulasi sebagai dasar untuk memungut pajak dan retribusi. Evaluasi langkah-langkah intensifikasi untuk meminimalkan kebocoran penerimaan PAD, dengan elektrifikasi dari penerimaan pajak dari setiap OPD, dan mencegah pungutan pembohong. (*)

Berita ini sudah terbit di Jubi.id dengan judul: Pemkot Jayapura menargetkan PAD 2023 Rp256 miliar

Komentar
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 400x130