News  

Pembangunan BLK Milik Pemprov Papua Barat di Mansel baru Mencapai 30 Persen

Kami siapkan bagi anak-anak Papua supaya memiliki daya saing dengan non Papua

BLK IMG-20230118-WA0014_2jpg
Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw saat diwawancara sejumlah awak media di Manokwari, Rabu. (ANTARA/HO Fransiskus Salu Weking)

Manokwari, Jubi TV– Pemerintah Provinsi Papua Barat menyiapkan satu balai latihan kerja (BLK) terintegrasi di Distrik Oransbari, Kabupaten Manokwari Selatan, untuk meningkatkan daya saing tenaga kerja asli Papua.

“Kami siapkan bagi anak-anak Papua supaya memiliki daya saing dengan non Papua,” kata Penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw di Manokwari, dilansir Antara Rabu.

Paulus mengatakan, pembangunan BLK terintegrasi dilakukan dalam tiga tahap yaitu pemasangan talud dan lahan kurang lebih 5 hektare, kemudian pembangunan pagar keliling, dan dilanjutkan pembangunan sarana prasarana.

BLK Provinsi Papua Barat di Manokwari Selatan dilengkapi dengan rumah dinas petugas atau instruktur sesuai anjuran dari Kementerian Ketenagakerjaan.

“Pemda juga bisa gunakan BLK untuk tingkatkan kapasitas aparatur,” tutur dia.

Selain itu, pemerintah provinsi juga akan berkoordinasi dengan seluruh pemerintah kabupaten di Papua Barat agar dapat mengoptimalkan BLK yang dibangun.

Pemanfaatan BLK merupakan salah satu poin dari hasil evaluasi Kementerian Dalam Negeri terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Papua Barat tahun 2023.

“Terutama BLK UMKM dan koperasi. Bupati yang belum bangun, tolong secepatnya dibangun. Kalau yang sudah ada ya dimaksimalkan,” ujar Paulus Waterpauw.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Papua Barat Fredrik Saidui mengatakan bahwa pembangunan fisik BLK terintegrasi milik pemerintah provinsi baru mencapai 30 persen.

Nantinya, BLK itu dimanfaatkan untuk sejumlah pendidikan vokasi seperti pariwisata, perhotelan, pertanian, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Kami berharap bisa secepatnya selesai. Tapi semua tergantung anggaran,” kata dia.

Ia menuturkan, kehadiran BLK bertujuan mewujudkan ketersediaan sumber daya manusia (SDM) Papua Barat yang berkompeten, sehingga ketersediaan tenaga kerja lokal mampu menjawab permintaan dari perusahaan ataupun dapat mengembangkan potensi diri masing-masing.(*)

Komentar
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 400x130