Pekan Olahraga Pelajar Tingkat Provinsi Sukses Digelar di Jayapura

Iven ini bisa ikut mengkampanyekan dan menggalakkan Papua sebagai provinsi olahraga.

Pelajar IMG-20220917-WA0050-768x345
Plt Kadisorda Papua, Alexander Kapisa saat mengalungkan medali kepada atlet - Jubi/Sudjarwo Husain.

Jayapura , Jubi TV– Pekan Olahraga Pelajar Provinsi ( Popprov ) II Papua berjalan sukses setelah digelar selama sepekan di Kabupaten Jayapura, 12 – 17 September 2022. Sebanyak delapan cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan telah mendapatkan juara masing-masing.

Delapan cabor tersebut yakni Bulutangkis, Sepak bola, Sepak takraw, Bola Voli, Bola Basket, Tenis, Pencak Silat, dan Tinju, dengan diikuti sebanyak 540 atlet pelajar dari 10 Kabupaten Kota.

Sebanyak 540 atlet itu di antaranya 9 atlet di cabor bulutangkis, 53 atlet di cabor tinju, 31 atlet pencak silat, 80 atlet di bola basket, 28 atlet tenis, 39 atlet bola voli dan 300 atlet sepak bola.

Plt Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Papua , Alexander Kapisa berharap iven ini bisa melahirkan bibit atlet potensial, selain itu juga dipersiapkan untuk menuju Pra POPNAS dan POPNAS tahun 2023 mendatang.

“Seluruh rangkaian kegiatan dari delapan cabor bisa berjalan baik dan melahirkan atlet-atlet yang berprestasi luar biasa. Tujuan utama dari ajang ini adalah yang pertama kita bisa mendapatkan atlet yang nantinya akan terlibat dalam Pra Popnas di tahun 2023 dan Popnas. Tentu akan melalui proses seleksi,” kata Kapisa dalam sambutannya usai menutup kegiatan Popprov II di Lapangan Pemanasan Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Sabtu (17/9/22).

“Tujuan kedua adalah bagaimana kita mendapatkan atlet yang dihadiahkan dan unggul untuk terlibat dalam program PPLP dan PPLD dan dapat terlibat secara aktif,” tambahnya.

Selain itu, Kapisa juga berharap iven ini bisa ikut mengkampanyekan dan menggalakkan Papua sebagai provinsi olahraga.

“Secara khusus kami dari Disorda berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini. Sebentar lagi Papua akan menjadi provinsi olahraga jadi sudah seharusnya kita menggalakkan dan mengkampanyekan ini karena Papua adalah gudang atlet. Jadi harus di kelola secara profesional. Sudah barang tentu fasilitas venue yang ada ini bisa dimanfaatkan dengan baik,” ujar Kapisa.

Upacara penutupan Popprov ini juga dihadiri oleh manajer Persipura Jayapura, Yan Permenas Mandenas. Kapisa mengatakan, calon para atlet sepak bola nantinya akan dipantau oleh manajemen Persipura.

“Hari ini manajemen Persipura juga hadir untuk menyatukan bibit unggul di cabor sepak bola yang nantinya bisa diberikan kesempatan di Persipura. Mereka hadir karena punya visi dan misi yang sama dengan kita,” katanya.

“Kita berharap bukan hanya ajang ini saja tetapi iven lainnya untuk menjalankan kegiatan olahraga di Papua,” pungkasnya. (*)

Berita ini sudah ditayangkan di Jubi.id dengan judul: Popprov Papua berjalan sukses, diharapkan melahirkan atlet-atlet potensial

Komentar
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 400x130