News  

Pedagang dan Nelayan minta DPRD dan Pemda Manokwari Usul Penambahan Kuota BBM untuk SPBN

Pasar Ikan Sanggeng sempat ditutup selama 6 Jam

BBM IMG-20221010-WA0111
Saat Nelayan dan Pedagang Pasar Ikan pulang dari aksi demo di Kantor DPRD dan Kantor Bupati Manokwari, Senin (10/10)-Jubi TV/Adlu

Manokwari, Jubi TV-Pedagang di Pasar Ikan Sanggeng di Manokwari menggelar aksi demo di Kantor DPRD dan Kantor Bupati Manokwari Senin (10/10/2022). Hal ini membuat aktivitas di pasar itu lumpuh sejak pukul 06.00 WP

“Kami bersama para nelayan melakukan demo karena kuota BBM yang diberikan ke SPBN terbatas, sehingga berpengaruh pada hasil para nelayan,” ucap Andre Tuarisa seorang pedagang ikan di Pasar Sanggeng.

Menurut dia, aktivitas pasar sejak pukul 06.00 WP dihentikan, karena aksi itu merupakan solidaritas antara nelayan dan pedagang. ” Kami menjual ikan tentu dari hasil tangkapan nelayan, kalau nelayan tidak melaut kita tidak bisa jual ikan” ucapnya.

Di Pasar ikan Sanggeng bukan hanya terdapat penjual ikan, ada juga pedagang sayur dan bahan pokok lainnya, semuanya dihentikan aktivitasnya.

Kepala Pasar Ikan, Elia Mnsen mengatakan, kekurangan kuota BBM ini berdampak langsung bagi produktivitas para nelayan, “Kalau kuotanya hanya 100 Kilo Liter, sementara jumlah nelayan sekitar 3000 ini tidak cukup, sehingga nelayan hanya akan turun melaut mendapat BBM” katanya.

Dengan kuota BBM yang terbatas di SPBN , pihak pengelola hanya bisa mengalirkan BBM dua kali dalam satu pekan.

Pengelola SPBN, Hanna Karubaba mengatakan ada sejumlah pihak yang mengadu ke DPRD dan Pemda terkait BBM di SPBN, padahal mereka tidak mengetahuinya, sedangkan kuota BBM yang diberikan sangat terbatas. Hal itu membuat pemerintah daerah ingin menutup sementara SPBN.

“BBM di SPBN ini tidak mencukupi karena kuota yang diberikan hanya 100 Kiloliter” kata Hanna Karubaba.

“Saya minta pengurus koperasi yang mengajukan pengaduan ke DPRD itu mengembalikan nama baik kami” kata Hanna.

Lebih lanjut dikatakannya, pemerintah dan DPRD mendengar aspirasi warga nelayan yang akan mengajukan penambahan kuota BBM untuk SPBN Pasar Ikan Sanggeng.

Suasana pasar ikan kembali normal setelah para pedagang kembali dari Kantor DPRD dan Kantor Bupati. Nampak para pedagang di pasar itu mulai menata dagangannya pada pukul 12.30 WP. (*)

Komentar
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 400x130