News  

Masyarakat Kota Jayapura Diminta Waspada terhadap Bencana Alam

Karena bencana bisa datang kapan saja, seperti pohon tumbang, tanah longsor

Bencana IMG-20220919-WA0052
Suasana Kota Jayapura Provinsi Papua- Jubi TV

Jayapura , Jubi TV– Masyarakat di Kota Jayapura Provinsi Papua diminta untuk meningkatkan kewaspadaan, terutama terhadap kebencanaan.

“Karena bencana bisa datang kapan saja, seperti pohon tumbang, tanah longsor, dan banjir,” kata Penjabat Walikota Jayapura, Frans Pekey di Kantor Wali Kota Jayapura, Senin (19/9/2022) dilansir Jubi.id

Bencana alam kata Frans, merupakan suatu peristiwa yang terjadi secara alami dan juga tidak terjadi secara alami, seperti kekurangan bahan pangan dalam jumlah besar.

“Bencana alam yang terjadi secara alami adalah berupa banjir, longsor, letusan gunung berapi, gempa bumi, kekeringan, tsunami, gelombang panas, kebakaran, dan wabah penyakit,” ujarnya.

Dikatakannya, dengan meningkatkan kewaspadaan terhadap bencana untuk meminimalisir terjadinya korban jiwa dan harta kehilangan benda dalam jumlah besar.

“Khususnya kepada warga yang bermukim di daerah aliran sungai atau DAS perbukitan, yang sewaktu-waktu bongsor dan banjir tanpa diketahui kapan waktunya,” ujarnya.

Dikatakannya, Pemkot Jayapura telah melakukan langkah-langkah antisipasi, seperti sosialisasi kebencanaan dan bantuan yang akan dilakukan kepada warga bila bencana alam itu.

“Saya berharap kita semua memiliki kesadaran dan kepedulian tinggi demi keselamatan kita semua dengan menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan,” ujarnya.

Dia pun meminta Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Jayapura agar pohon yang condong ke jalan untuk mengantisipasi adanya korban jiwa akibat pohon tumbang.

“Jadi jangan tunggu pohon rubuh baru lakukan penanganan, kita cegah dari awal agar tidak membahayakan pengendara dan orang,” katanya. (*)

Berita ini sudah diterbitkan di Jubi.id dengan judul: Pemkot Jayapura imbau warga waspada bencana alam

Komentar
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 400x130