News  

Kunjungi Kabupaten Asmat, Menteri PPPA Dorong Daerah itu jadi Kota Layak Anak

Kunjungan kerja Menteri PPPA dalam rangka melaksanakan agenda kerja

Menteri PPPA d128a-whatsapp-image-2022-08-09-at-5.30.26-am
Menteri PPPA saat berbincang dengan Ketua PKK dan sejumlah mama Papua saat berkunjung ke Kabupaten Asmat Papua- Dokumentasi Biro Hukum dan Humas Kementerian PPPA/Jubi TV

Merauke, Jubi TV– Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati melakukan kunjungan kerja di Agats , ibu kota Kabupaten Asmat , Papua pada Senin 8 Agustus 2022.

Bupati Asmat, Elisa Kambu kepada Jubi, Rabu (10/8/2022) menyatakan kunjungan kerja Menteri PPPA dalam rangka melaksanakan beberapa agenda kerja kementerian, di antaranya adalah mendorong daerah itu menjadi kota layak anak, dan bertatap muka dengan mama-mama asli yang berprofesi sebagai petani, penganyam dan nelayan.

“Terkait dengan pertanian ini, ibu Menteri PPPA sempat panen sayur hidroponik yang ditanami kelompok tani mama-mama Asmat. Kelompok ini dibina oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Asmat,” kata Kambu.

Kambu menyatakan bahwa Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati kagum dengan mama-mama daerah ini yang menekuni usaha tanaman sayur di Agats. Kondisi geografis kabupaten itu sebagian besar sungai, lahan basah dan berlumpur, sehingga cukup sulit untuk bercocok tanam di sana.

“Berkat pendampingan dan pembinaan yang dilakukan PKK, mama-mama Asmat bisa tanam sayur hidroponik. Memang ada beberapa distrik yang bisa ditanami sayur, karena kondisi tanahnya baik, tapi tidak semuanya. sebagian besar daerah Asmat ini terdiri dari rawa, sungai, lahan basah dan lumpur,” kata Kambu.

Menteri PPPA, kata Kambu, mendorong semangat mama-mama Asmat untuk terus menekuni usaha mereka. Mama-mama petani dipesan untuk memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam berbagai sayuran.

“Ibu menteri juga minta agar Pemkab Asmat melalui dinas terkait dan PKK untuk tetap melakukan pendampingan melekat pada mama-mama petani,” tuturnya.

Selain usaha tanaman sayur, Menteri PPPA juga melihat mama-mama Asmat yang menekuni usaha menganyam noken, dan juga mengunjungi mama-mama nelayan tradisional di sana.

“Ibu menteri juga bangga dengan mama-mama penganyam noken dan mama-mama nelayan yang sehari-hari mencari udang, kepiting dan ikan. Ini kali pertama ibu menteri mengunjungi Asmat,” ujarnya.

Khusus di sektor perikanan, Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati meminta pemerintah daerah Kabupaten Asmat untuk mendata mama-mama yang berprofesi sebagai nelayan. Kementerian PPPA akan mendorong ke Kementerian Kelautan dan Perikanan, sehingga mama-mama nelayan Asmat mendapat kartu nelayan.

“Ibu menteri akan berkomunikasi dengan KKP untuk mendaftarkan mereka (mama-mama nelayan Asmat) kartu nelayan. Dengan memegang kartu nelayan, mereka bisa mendapatkan berbagai akses, termasuk bantuan keuangan dan sebagainya,” tandas Kambu.

Di Agats, Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati juga sempat mengunjungi Museum Kota Agats, Kabupaten Asmat dan melihat hasil kreativitas masyarakat berupa ukiran, anyaman dan pernak-pernik yang dihasilkan masyarakat setempat. (*)

Berita ini sudah diterbitkan di Jubi.id dengan judul: Kunjungi Kabupaten Asmat, Menteri PPPA temui Mama-mama Petani hingga Nelayan

Komentar
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 400x130