Kontingen Papua pulang dengan 20 Medali dari ajang Pra Popnas Palu

Saya mengapresiasi atas capaian ini karena ada medali untuk dibawa pulang ke Papua

Kontingen Husain-kontingen-Pra-Popnas-Papua-768x576
Plt Kadisorda Papua, Tery Wanena (tengah), berfoto bersama atletnya. - Jubi/Istimewa

Jayapura, Jubi TV– Provinsi Papua pulang dengan membawa total 20 keping medali dari ajang Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) Zona V di Palu, Sulawesi Tengah, tanggal 8-13 November 2022 lalu.

Iven ini merupakan ajang kualifikasi menuju perhelatan Popnas tahun 2023 di Sumatera Selatan. Pada ajang Pra Popnas Zona V di Palu, Provinsi Papua ikut serta pada enam cabang olahraga (cabor) dengan diperkuat sebanyak 103 atlet.

Medali yang berhasil dipersembahkan total sebanyak 20 keping medali, di antaranya 6 medali emas, 8 medali perak, dan 6 medali perunggu.

Sebanyak 20 keping medali itu dihasilkan dari cabang olahraga Tinju (2 emas, 2 perak dan 1 perunggu), Pencak Silat (1 emas, 2 perak dan 5 perunggu), Bulutangkis (1 emas, 1 perak), Tenis Lapangan (1 emas, 1 perak), Basket Putri (1 emas), Sepak bola (1 perak), dan Basket Putra (1 perak).

Pada laga final cabang olahraga sepak bola, Provinsi Papua gagal meraih medali emas setelah kalah tipis 0-1 dari Maluku Utara. Anak asuhan Yance Rumbino itu pun harus puas di tempat kedua dengan medali perak.

Tuan rumah Sulawesi Tengah sukses menjadi juara umum pada ajang pra kualifikasi Popnas itu dengan meraih 15 medali emas, 9 medali perak, dan 8 medali perunggu. Sedangkan di peringkat kedua ditempati Sulawesi Utara yang meraih 11 medali emas, 10 medali perak, dan 5 medali perunggu.

Pada peringkat ketiga, Provinsi Maluku Utara meraih 4 medali emas, 10 medali perak, dan 10 medali perunggu. Provinsi Papua berada di peringkat keempat, disusul Provinsi Gorontalo meraih 3 medali emas, 4 medali perak, dan 7 medali perunggu di posisi kelima.

Berikutnya, Provinsi Maluku meraih 1 medali emas, 1 medali perak dan 3 medali perunggu, diikuti Provinsi Papua Barat meraih 1 medali perak, dan 3 medali perunggu.

Plt Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Provinsi Papua, Tery Wanena, sangat mengapresiasi pencapaian yang sudah ditorehkan para atlet muda Papua ini.

“Saya mengapresiasi atas capaian ini karena ada medali untuk dibawa pulang ke Papua. Karena ini akan memberikan motivasi tersendiri bagi anak-anak di Papua untuk bisa mengejar prestasi melalui jalur olahraga,” ujar Tery Wanena.

Sementara, Plh Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Rudy Dewanto, yang menutup resmi Pra-POPNAS yang mengusung tema “Berprestasi Untuk Negeri” ini mengakui, bahwa keberhasilan iven tersebut sebagai pemantik bagi kejayaan olahraga, khususnya pada atlet pelajar.

“Ini pembuktian olahraga Nasional dengan wujudkan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), termasuk kesiapan Sulawesi Tengah menjadi tuan rumah berbagai ajang olahraga nasional maupun regional,” ujarnya. (*)

Berita ini sudah terbit di Jubi.id dengan judul: Papua bawa pulang 20 medali dari Pra Popnas Palu

Komentar
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 400x130