News  

Kapolda sebut Ketersediaan Minyak Goreng di Papua Barat masih Aman, Harga terjangkau

Kapolda Papua Barat, Irjen Pol. Tornagogo Sihombing -Adlu

Jubi TV-Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Tornagogo Sihombing menyebut secara umum, ketersediaan minyak goreng di Papua Barat masih aman.

Hal ini disampaikan Kapolda saat ditemui di Manokwari, Kamis (17/3-2022)

“Sampai sejauh ini kita sendiri lihat bahwa belum ada masalah-masalah menyangkut ketersediaan Minyak Goreng terlihat di Papua Barat, Distribusi minyak goreng masih bisa terlihat baik” kata Irjen Pol. Tornagogo Sihombing

“Terkait dengan ketersediaan minyak goreng di Papua Barat, kami sudah bicara dengan Forkopimda dan rencana besok (Jumat red) turun mengecek langsung di lapangan melihat ke pasar” katanya lagi.

Kapolda menyebut secara spesifik ia menekankan hal ini kepada Tim satgas pangan agar betul-betul mengawasi sejak Produsen mengirim Minyak Goreng ke Distributor Wilayah Papua Barat melalui pelabuhan laut, khusus di Sorong maupun Manokwari.

“Titik-titiknya harus kita awasi betul sehingga dari Produsen ke Distributor dan selanjutnya sampai di Konsumen”ujarnya.

Kata Kapolda, hal ini yang ditegaskan oleh Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo kepada Para Kapolda agar-betul-betul mengawasi. “Tujuannya agar tidak terjadi penimbunan ataupun permasalahan tidak sesuai ketentuan perundanga-undangan yang berlaku” tuturnya

Disebutkan bahwa ada dua produsen yang mengirim Minyak Goreng ke Papua Barat, diantaranya ada di Jakarta maupun di Surabaya.

Tornagogo menyebut harga Minyak Goreng di Papua Barat masih terkendali sesuai Harga Eceran tertinggi (HET). “Masih Rp 13.000 per liter yaa dan pada umumnya Masyarakat di Papua Barat masih menerima hal itu, kami tetap menjaga itu”tuturnya.

Dia menegaskan yang terpenting di Papua Barat, soal ketersediaan Minyak Goreng adalah tidak adanya penimbunan, permainan harga serta pelanggaran yang dilakukan Distributor.

“Ketika misalnya terjadi permasalahan seperti penimbunan dan sebagainya kami akan tindak tegas sebab itu ada aturanya”tuturnya.

Kapolda juga meminta jajaranya di tingkat Polres agar terus memantau perkembangan soal ketersediaan Minyak Goreng di Daerah. ” Kemarin kita melakukan Vicon dengan para Kapolres dan Kasat Reskrim saya tekankan soal itu juga agar melakukan pengawasan di Daerah” ucapnya.(*)

Komentar
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
banner 400x130