News  

Kapal Motor Nelayan Tenggelam di Perairan Merauke, 15 Orang Hilang 

10 korban selamat itu sekarang berada di KM Sinar Mas 01

Tenggelam kapal-tenggelam-768x512
Ilustrasi, pixabay.com

Merauke, Jubi TV– Kapal Motor Nelayan (KMN) Setia Makmur 06 dilaporkan tenggelam di perairan Arafura, Kabupaten Merauke, pada Sabtu (2/7/2022) dini sekitar pukul 01.00 WP. Dalam peristiwa tersebut 10 anak buah kapal berhasil diselamatkan, sedangkan 15 orang lagi dinyatakan hilang.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Merauke, Supriyanto Ridwan, kepada Jubi di Merauke, Minggu (3/7/2022), menyatakan KMN Setia Makmur dilaporkan tenggelam pada koordinat 08°.28’.00’’ S – 136°.35’.00’’ E atau berjarak 426 km ke arah barat dari dermaga Merauke.

“Peristiwa ini dilaporkan oleh kapal nelayan lain yang berada di sekitar lokasi kejadian kepada pengurus KM Setia Makmur 06 di Dobo, Maluku. Pengurus kapal menelpon Haryanto, pengurus di Merauke, yang kemudian membuat laporan tersebut ke kami.” katanya

Ridwan menyebut, sesuai data yang tercatat dalam dokumen kelengkapan KM Setia Makmur, terdapat 25 anak buah kapal. Kapal pemancing cumi ini bertolak dari Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku pada 24 Juni 2022 ke perairan Arafura.

“Usai menerima laporan, kami berkoordinasi dengan berbagai potensi SAR yang berada di sekitar lokasi kecelakaan. Ada 3 kapal nelayan yang berada paling dekat dengan titik kejadian yakni, KM Sinar Mas 01, KM Jaya Sejahtera dan KM Pulau Muara. Ketiga kapal inilah yang langsung melakukan pencarian saat itu,” tuturnya.

Ia menyatakan, potensi SAR gabungan, yakni kapal-kapal nelayan yang paling dekat lokasi kejadian, berhasil menyelamatkan 10 anak buah kapal KM Setia Makmur 06, 15 orang lagi masih dalam pencarian.

“10 korban yang selamat itu sekarang berada di KM Sinar Mas 01. Dan pagi tadi juga KRI Teluk Weda merapat ke lokasi kejadian untuk melakukan operasi pencarian,” ujarnya.

Ridwan menambahkan, Kantor Pencarian dan Pertolongan Merauke tengah mengupayakan pencarian 15 korban hilang dengan menggunakan pesawat terbang.

“Kita sedang mengupayakan menggunakan pesawat, karena lokasinya jauh sekali dari sini, jadi butuh peralatan yang cepat,” imbuhnya. (*)

Berita ini sudah terbit di Jubi.id dengan judul: KMN Setia Makmur tenggelam di perairan Arafura, 10 ABK selamat dan 15 hilang

Komentar
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

banner 400x130