News  

Kabag Pemerintahan Kota Jayapura: kepala kampung harus berinovasi dan peka menggali potensi ekonomi

Semua ini berpotensi mengangkat kesejahteraan masyarakat di kampung bila dikelola dengan serius

Jayapura Ramah-masyarakat-Enggros-768x576
Masyarakat adat di Kampung Enggros saat merayakan Kongres Masyarakat Adat Nusantara VI tahun 2022. - Jubi/Ramah

Jayapura, Jubi TV– Kepala Bagian Pemerintah Kota Jayapura, Supriyanto, mengatakan dibutuhkan sinergitas semua pihak dalam memaksimalkan pengelolaan potensi ekonomi di kampung, sehingga berdampak pada kesejahteraan warga.

“Apabila setiap kampung telah mampu memanfaatkan, mengelola, dan mengembangkan potensi ekonomi di kampung secara mandiri, maka kemakmuran masyarakatnya akan terwujud,” ujar Supriyanto di kantor Wali Kota Jayapura, Senin (16/1/2023).

Potensi ekonomi yang bisa dimanfaatkan warga di kampung dengan mengembangkan pengelolaan destinasi pariwisata, perikanan, dan agro bisnis atau pertanian sehat.

“Semua ini berpotensi mengangkat kesejahteraan masyarakat di kampung bila dikelola dengan serius. Untuk itu, dibutuhkan kerjasama, koordinasi, dan sinergitas sehingga masyarakat kampung mendapatkan manfaat dari pengelolaan potensi ekonomi yang ada,” ujarnya.

Guna membangun perekonomian di kampung, kepala kampung dan warganya harus berinovasi supaya lebih peka dalam menggali potensi ekonomi yang bisa dikerjakan.

“Sebenarnya banyak potensi ekonomi yang bisa dikelola dengan baik tinggal bagaimana dimanfaatkan. Apalagi banyaknya dukungan anggaran dari pemda dan pemerintah pusat untuk modal pengelolaan ekonomi di kampung,” ujarnya.

Anggaran kampung seharusnya sudah mensejahterakan masyarakat di kampung, baik untuk ekonomi maupun peningkatan infrastruktur, karena setiap kampung mendapat dana mulai dari Rp5 miliar sampai Rp9 miliar.

“Dana banyak. Kalau kita bersatu dalam mengelola dana ini untuk kebaikan bersama maka kampung sudah sejahtera begitu juga dengan masyarakat yang ada di dalamnya,” jelasnya.

Supriyanto berharap agar sinergitas, koordinasi, dan komunikasi dalam mengelola perekonomian di kampung terus ditingkatkan untuk kebaikan bersama. (*)

Artikel ini telah terbit di jubi.id dengan judul: Dibutuhkan sinergitas untuk maksimalkan potensi ekonomi kampung

Komentar
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 400x130