JUBIARSIP
News  

Fenomena Hujan Es di Distrik Kuyawangi Papua, Warga Terancam Kelaparan

Fenomena hujan es tanaman pangan di kebun rusak karena kekeringan

Fenomena 20220721-Kuyawage-2
Kebun warga di Distrik Kuyawage, Kabupaten Lanny Jaya, yang rusak karena hujan es yang terjadi pada pekan lalu. – Dok. Warga Kuyawage

Jayapura, Jubi TV – Hujan es yang melanda di Distrik Kuyawangi, Kabupaten Lanny Jaya, Papua pada pekan lalu telah merusak kebun warga setempat.

Fenomena hujan es membuat tanaman pangan di kebun warga rusak karena kekeringan, sehingga panenan pada musim ini terancam gagal. Pemerintah daerah setempat diminta mengantisipasi ancaman kelaparan di sana.

Salah satu warga Distrik Kuyawage, Nipson Murib mengatakan hujan berupa es yang terjadi di wilayahnya pada pekan lalu membuat kebun para warga kekeringan. Menurut Murib, fenomena yang berkaitan dengan cuaca itu biasanya terjadi dua tahun sekali.

“Hujan es berdampak kepada tanaman masyarakat. Sayur-sayuran segar [menjadi] kering, ubi-ubi yang besar akan berair [dan] tidak bisa dikonsumsi lagi,”katanya.

Murib mengatakan para warga Distrik Kuyawage membutuhkan kiriman bahan makanan. “Saat ini tanaman warga di Kuyawage mengalami kekeringan. Selain tanaman, biasanya  pohon-pohon juga mengalami kekeringan akibat hujan es. Warga membutuhkan cadangan makanan,” katanya.

Murib mengatakan Kuyawage berada di antara tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Nduga, Kabupaten Puncak, dan Kabupaten Lanny Jaya. Ia berharap pemerintah ketiga kabupaten itu dapat membentuk tim untuk menyalurkan bahan makanan bagi warga Kuyawage.

“Kami sementara mendata kondisi masyarakat di lapangan. Kami bersama pemuda dan mahasiswa di Jayapura akan membuka pos bantuan untuk masyarakat yang mengalami musibah di Kuyawage,”katanya. (*)

Artikel ini sudah diterbitkan di Jubi.id dengan judul: Hujan es membuat kebun warga di Kuyawage kekeringan

Komentar
Exit mobile version