JUBI TV https://jubitv.id Video, Berita dan Analisa Tanah Papua Sun, 27 Nov 2022 14:09:33 +0000 id hourly 1 https://wordpress.org/?v=6.1.1 https://jubitv.id/wp-content/uploads/2022/02/cropped-Pajub512-1200x1200.jpg JUBI TV https://jubitv.id 32 32 Komda Pemuda Katolik Provinsi Papua dan Sejumlah Pengurus Komisariat Cabang Dilantik https://jubitv.id/komda-pemuda-katolik-provinsi-papua-dan-sejumlah-pengurus-komisariat-cabang-dilantik/ https://jubitv.id/komda-pemuda-katolik-provinsi-papua-dan-sejumlah-pengurus-komisariat-cabang-dilantik/#respond Sun, 27 Nov 2022 14:09:33 +0000 https://jubitv.id/?p=382910 Pemuda

Jayapura , Jubi TV– Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Daerah Provinsi Papua, Pengurus Pemuda Katolik Komisariat...

The post Komda Pemuda Katolik Provinsi Papua dan Sejumlah Pengurus Komisariat Cabang Dilantik first appeared on JUBI TV.

]]>
Pemuda

Jayapura , Jubi TV– Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Daerah Provinsi Papua, Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Cabang Kota Jayapura, Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Cabang Kabupaten Keerom dan Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Cabang Kabupaten Jayawijaya secara resmi dilantik di Hotel Horison Kotaraja, Kota Jayapura, pada Sabtu (26/11/2022) malam.Para pengurus Pemuda Katolik di Papua yang dilantik itu akan memperpanjang untuk periode 2022 hingga 2025.

Untuk Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Daerah Papua yang diketuai Melianus Asso, dilantik oleh Ketua Pengurus Pusat Pemuda Katolik, Stefanus Asat Gusma.

Sementara itu Melianus Asso usai dilantik oleh Ketua Pengurus Pusat Pemuda Katolik. Asso kemudian melantik pengurus Pemuda Katolik Komisariat Cabang Kota Jayapura yang diketuai Simon Petrus Bame, pengurus Pemuda Katolik Komisariat Cabang Kabupaten Keerom yang diketuai Raimon May dan pengurus Pemuda Katolik Komisariat Cabang Kabupaten Jayawijaya yang diketuai Yusuf Hubi.

Ketua Pengurus Pusat Pemuda Katolik, Stefanus Asat Gusma dalam sambutan menyatakan, ke depan pengurus yang baru dilantik mempunyai tugas berat untuk konsolidasi, mengembalikan eksistensi Pemuda Katolik di Provinsi Papua. Stefanus menyampaikan membutuhkan hati untuk mengurus organisasi Pemuda Katolik.

“Itu bisa berat sekali. Memang ikut Yesus tidak mudah terutama harus berkorban waktu, berkorban tenaga, berkorban pikiran dan lain sebagainya. Maka mengurus Pemuda Katolik ini jangan mentang-mentang ketua Pemuda Katolik nya anggota DPRD atau wakil bupati atau bupati atau kepala daerah. Nggak jaminan punya jabatan punya uang ngurus organisasi itu benar. Jaminan yang Anda simpan untuk organisasi,” ujarnya.

Stefanus menyatakan kader-kader Pemuda Katolik di Papua perlu memperkuat peningkatan kapasitas dengan terlibat di dalam Gugus Tugas Papua yang telah dibentuk Pengurus Pusat Pemuda Katolik. Stefanus menyampaikan dengan adanya gugus tugas Papua harapannya kader-kader Pemuda Katolik di Papua dapat memikirkan serta mengurus masalah di Papua.

“Dalam kepengurusan ini saya membuat namanya gugus tugas Papua berisi enam belas kader-kader Papua dipimpin oleh orang Papua. Gugus tugas Papua di dalam kepengurusan baru berjalan satu tahun ini sangat aktif sekali. (Melalui gugus tugas Papua) kita diskusikan isu-isu di Tanah Papua dengan mengundang orang-orang yang kompeten dengan melibatkan pemikiran-pemikiran asli sosiologis teman-teman Papua. Untuk teman-teman pengurus yang baru dilantik saya tekankan tingkatkan kapasitas kader teman-teman,” katanya.

Stefanus menyatakan agar pengurus yang baru dilantik mulai melakukan penghabisan kader kader dari berbagai profesi, baik itu jurnalis, aparat sipil negara, pengusaha, politisi hingga pengacara. Sehingga nanti jika ada masalah maka kader-kader ini dapat langsung terjun ke lapangan membantu masyarakat di Papua.

“Kalau tidak, Pemuda Katolik hanya mengecam, mengutuk, meminta. Ada kejadian ini Pemuda Katolik bikin statement lagi mengecam, kutukan. Nanti ada kejadian lagi mengecam, mengutuk,” ujarnya.

Ketua Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Daerah Provinsi Papua, Melianus Asso menyatakan keberadaan Pemuda Katolik di Provinsi Papua terkadang mengalami pasang surut. Oleh karena itu Asso mengajak semua pengurus yang baru dilantik untuk berjalan bersama dan saling bergandeng tangan membangun Pemuda Katolik yang ada di Papua.

“Mari bagaimana kita menghidupkan kembali wadah ini. Mari kita jadikan Pemuda Katolik sebagai wadah bersama, honai kita bersama. Mari kita konsolidasi Pemuda Katolik di seluruh pelosok tanah Papua.

Asso menyatakan dengan adanya tiga baru di Papua menjadi tantangan sekaligus peluang bagi provinsi pemuda Katolik. Asso mengajak pengurus Pemuda Katolik untuk membantu masyarakat di kampung-kampung yang ada di Papua.

“Mari kita duduk bersama, cerita bersama umat di kampung-kampung. Mereka sangat membutuhkan kehadiran Pemuda Katolik. Kita tidak bisa bicara di media. Kita tidak bisa bicara di jalan-jalan. Saya mengajak semua pengurus yang baru dilantik mari kita bersatu, banyak masalah yang harus kita tangani bersama-sama,” ujarnya. (*)

Artikel ini sudah terbit di Jubi.id dengan judul: sejumlah pengurus Pemuda Katolik di Papua dilantik

The post Komda Pemuda Katolik Provinsi Papua dan Sejumlah Pengurus Komisariat Cabang Dilantik first appeared on JUBI TV.

]]>
https://jubitv.id/komda-pemuda-katolik-provinsi-papua-dan-sejumlah-pengurus-komisariat-cabang-dilantik/feed/ 0
Puluhan Warga Peringati HUT Papua Merdeka di Terminal Wosi Manokwari https://jubitv.id/puluhan-warga-peringati-hut-papua-merdeka-di-terminal-wosi-manokwari/ https://jubitv.id/puluhan-warga-peringati-hut-papua-merdeka-di-terminal-wosi-manokwari/#respond Sun, 27 Nov 2022 13:27:15 +0000 https://jubitv.id/?p=382898 HUT papua

Manokwari, Jubi TV- Pekikan “Papua Merdeka” menggema di dalam terminal dekat Pasar Wosi, tepatnya di...

The post Puluhan Warga Peringati HUT Papua Merdeka di Terminal Wosi Manokwari first appeared on JUBI TV.

]]>
HUT papua

Manokwari, Jubi TV- Pekikan “Papua Merdeka” menggema di dalam terminal dekat Pasar Wosi, tepatnya di depan Pos Polisi Wosi Manokwari Papua Barat pada Minggu (27/11/2022).

Warga Papua dari berbagai wilayah berkumpul merayakan kemerdekaan Papua , dengan membawa spanduk dan baliho bercorak bendera Bintang Kejora.

Bernard Idji salah satu peserta aksi perayaan mengatakan aktivitas perayaan ini digelar sejak Minggu pagi dengan mengawali Ibadah. ” Kegiatan ini kita rayakan kemerdekaan Papua yang ke 25 tahun” kata Bernard yang mengaku datang dari Nabire Provinsi Papua.

Peserta yang terdiri dari pria dan wanita ini juga membawa simbol bendera Amerika Serikat dan Bendera Australia dan Bendera Belanda “Kami tetap merayakan ini. Undangan perayaan ditujukan kepada seluruh orang Papua dan para Petinggi Negara Kesatuan Republik Indonesia” ucap Bernad.

Nampak pada pukul 12.15. waktu setempat, Kapolres Manokwari AKBP. Parisian Herman Gultom bersama beberapa jajaranya menggunakan pakaian sipil mendatangi lokasi di terminal Pasar Wosi Manokwari.

Sementara para massa aksi yang semula berdiri di depan terminal mulai bergeser mencari tempat berteduh di dalam terminal, dengan pekikan yang sama yakni Papua Merdeka.

Hingga saat ini masih berlangsung aktivitas para massa ini. Massa melakukan tari tumbuh tanah di dalam kawasan terminal. (*)

Artikel ini sudah terbit di Jubi.id dengan judul: Pekikan Papua Merdeka menggema di Terminal Pasar Depan Pos Polisi Wosi Manokwari

The post Puluhan Warga Peringati HUT Papua Merdeka di Terminal Wosi Manokwari first appeared on JUBI TV.

]]>
https://jubitv.id/puluhan-warga-peringati-hut-papua-merdeka-di-terminal-wosi-manokwari/feed/ 0
Polisi masih selidiki Kasus Penemuan Mayat di Pasar Wamena https://jubitv.id/polisi-masih-selidiki-kasus-penemuan-mayat-di-pasar-wamena/ https://jubitv.id/polisi-masih-selidiki-kasus-penemuan-mayat-di-pasar-wamena/#respond Sat, 26 Nov 2022 08:52:21 +0000 https://jubitv.id/?p=382847 Mayat

Wamena, Jubi TV– Terjadi pembunuhan di Pasar Potikelek, Wamena, Kabupaten Jayawijaya pada Sabtu (26/11/2022) dini...

The post Polisi masih selidiki Kasus Penemuan Mayat di Pasar Wamena first appeared on JUBI TV.

]]>
Mayat

Wamena, Jubi TV– Terjadi pembunuhan di Pasar Potikelek, Wamena, Kabupaten Jayawijaya pada Sabtu (26/11/2022) dini hari.

Kepolisian dari Polres Jayawijaya setelah mendapatkan laporan dari masyarakat setempat terkait adanya kasus pembunuhan langsung menuju ke lokasi untuk melakukan olah tempat kejadian perkara.

Kapolres Jayawijaya melalui Kasat Reskrim, AKP Mattinetta, menyatakan korban adalah seorang laki-laki tanpa indentitas, yang ditemukan oleh masyarakat setempat sudah dalam keadaan tak bernyawa atau  meninggal dunia dengan luka dan darah di sekujur tubuhnya.

Dari hasil pemeriksaan Reskrim Polres Jayawijaya, ditemukan pada bagian tubuh korban terdapat tiga luka tusukan di bahu bagian depan, bahu bagian belakang, dan luka di bagian leher.

“Saat olah TKP, kami mengamankan barang bukti berupa sebilah pisau, sarung pisau, noken warna biru, puntung rokok, potongan botol air mineral [gelas takar minuman beralkohol], tiga botol minuman beralkohol jenis CT, satu kantong plastik berisi minuman beralkohol jenis Ballo, dan rokok angggur kupu,” jelas AKP Mattinetta.

Lebih lanjut, AKP Mattinetta menjelaskan bahwa korban setelah dilakukan pemeriksaan singkat oleh anggota dan langsung  dievakuasi ke RSUD Wamena untuk dilakukan pemeriksaan  luka tusukan di tubunya  oleh dokter.

“Kasus ini masih kita lakukan penyelidikan karena identitas korban belum diketahui. Selain itu kami juga masih mengumpulkan keterangan saksi-saksi guna mengungkap kasus ini dan akan terus kita kembangkan lebih lanjut,” pungkasnya. (*)

Artikel ini sudah tayang di Jubi.id dengan judul: Polres Jayawijaya lakukan penyelidikan pembunuhan di Pasar Potikelek Wamena

The post Polisi masih selidiki Kasus Penemuan Mayat di Pasar Wamena first appeared on JUBI TV.

]]>
https://jubitv.id/polisi-masih-selidiki-kasus-penemuan-mayat-di-pasar-wamena/feed/ 0
Anak-anak Suku Marind lanjutkan Studi di Rusia dengan biaya Pemda Merauke  https://jubitv.id/anak-anak-suku-marind-lanjutkan-studi-di-rusia-dengan-biaya-pemda-merauke/ https://jubitv.id/anak-anak-suku-marind-lanjutkan-studi-di-rusia-dengan-biaya-pemda-merauke/#respond Sat, 26 Nov 2022 06:59:11 +0000 https://jubitv.id/?p=382843 Marind

Merauke, Jubi TV– Sejumlah 29 putra-putri Marind – suku asli Kabupaten Merauke, Papua Selatan bakal...

The post Anak-anak Suku Marind lanjutkan Studi di Rusia dengan biaya Pemda Merauke  first appeared on JUBI TV.

]]>
Marind

Merauke, Jubi TV– Sejumlah 29 putra-putri Marind – suku asli Kabupaten Merauke, Papua Selatan bakal mengenyam pendidikan strata satu (S1) dan strata dua (S2) di sejumlah kota di negara Rusia,  Eropa Timur pada 2023 mendatang.

Satu di antara calon mahasiswi S2, Fransina Kaize kepada Jubi, Jumat (25/11/2022), menyatakan ia akan melanjutkan studi S2 intercultural education (pendidikan lintas budaya) di Universitas St Petersburg, Kota Petersburg, Rusia.

Fransina mengatakan bahwa mereka (29 putra-putri daerah Merauke) yang mengenyam pendidikan di Rusia dibiayai oleh Pemerintah Kabupaten Merauke. Pemerintah setempat bekerja sama dengan Papua Language Institute (PLI) selaku yayasan yang memberi pembinaan dan pelatihan selama sembilan bulan di Jayapura, Papua.

“Saya memilih Rusia, karena saya mau mengembangkan bahasa, selain bahasa Inggris. Latar belakang pendidikan S1 saya itu bahasa Inggris. Bahasa Perancis juga saya pelajari. Ke depan sambil kuliah, saya kepingin belajar bahasa Rusia. Rusia merupakan salah satu negara terhebat di dunia,” kata Fransina usai mengikuti arahan di auditorium kantor bupati Merauke.

Fransina menyebut mereka yang akan ke Rusia berjumlah 29 orang, terdiri atas 26 calon mahasiswa S1 dan tiga calon mahasiswa S2. Mereka akan tersebar di berbagai universitas di Rusia.

“Dukungan Pemkab Merauke ini menjadi motivasi bagi kami anak-anak Marind. Saya berharap pemerintah daerah ke depan bisa menambah kuota untuk anak-anak asli Papua, dan kita anak-anak Papua harus bisa mengambil kesempatan emas ini,” pungkasnya.

Asisten III Setda Kabupaten Merauke, Suhono Suryo dalam arahannya mewakili Bupati Romanus Mbaraka, menyampaikan sejumlah pesan penting kepada calon mahasiswa S1 dan S2 yang sedianya akan diberangkatkan ke Rusia.

“Besok (Sabtu), Pak bupati akan hadir untuk memberikan arahan kepada adik-adik. Namun itu, beliau ada menyampaikan beberapa pesan untuk adik-adik dan juga PLI,” kata Suryo.

Suryo mengatakan, baik calon mahasiswa maupun pihak PLI perlu menyiapkan segala berkas administrasi secara baik sebelum proses keberangkatan, sehingga tidak menimbulkan persoalan di kemudian hari.

“Adik-adik juga diharapkan untuk menjaga kesehatan, menaati protokol kesehatan yang ditetapkan oleh negara Rusia. Pak bupati juga berpesan agar adik-adik lebih giat belajar, menjaga nama baik Kabupaten Merauke, bangsa dan negara selama di Rusia,” imbuh Suryo. (*)

Artikel ini sudah terbit di Jubi.id dengan Judul: Puluhan anak Marind bakal mengenyam pendidikan di Rusia

The post Anak-anak Suku Marind lanjutkan Studi di Rusia dengan biaya Pemda Merauke  first appeared on JUBI TV.

]]>
https://jubitv.id/anak-anak-suku-marind-lanjutkan-studi-di-rusia-dengan-biaya-pemda-merauke/feed/ 0
PWI Jabar Juara Umum, kontingen Papua urutan Empat Hasil Porwanas VIII 2022 https://jubitv.id/pwi-jabar-juara-umum-kontingen-papua-urutan-empat-hasil-porwanas-viii-2022/ https://jubitv.id/pwi-jabar-juara-umum-kontingen-papua-urutan-empat-hasil-porwanas-viii-2022/#respond Fri, 25 Nov 2022 18:28:10 +0000 https://jubitv.id/?p=382827 Porwanas

Malang, Jubi TV- Kontingen Jawa Barat keluar sebagai juara umum Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas)...

The post PWI Jabar Juara Umum, kontingen Papua urutan Empat Hasil Porwanas VIII 2022 first appeared on JUBI TV.

]]>
Porwanas

Malang, Jubi TV- Kontingen Jawa Barat keluar sebagai juara umum Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 2022, yang digelar pada 21-27 November 2022 di wilayah Malang Raya dan diikuti oleh 35 kontingen dari berbagai provinsi di Indonesia.

Ketua Pelaksana Porwanas XIII 2022 Jawa Timur Erwin Muhammad di Kota Malang, Jawa Timur, Jumat mengatakan bahwa kontingen Jawa Barat ditetapkan sebagai juara umum setelah mendapatkan perolehan sembilan medali emas, enam perak dan empat perunggu.

“Daftar perolehan medali dari sebelas cabang olahraga, urutan pertama Jawa Barat memperoleh sembilan medali emas, enam perak dan empat perunggu,” kata Erwin dilansir Antara

Erwin menjelaskan, sementara pada urutan kedua, Provinsi Jawa Timur mengantongi tujuh emas, tiga perak dan empat perunggu, diikuti oleh kontingen Kalimantan Tengah dengan tiga emas, dua perak dan tiga perunggu.

Pada urutan keempat ditempati oleh Provinsi Papua dengan perolehan dua medali emas dan dua perunggu. Kemudian, Provinsi Lampung dengan satu emas, delapan perak dan lima perunggu.

Sementara Kalimantan Selatan pada urutan keenam dengan memperoleh satu emas, tiga perak dan satu perunggu, Kepulauan Riau, satu emas, satu perak dan satu perunggu, serta Provinsi Bali, meraih satu emas, satu perak dan satu perunggu.

“DKI Jakarta berada di urutan sembilan dengan satu emas, dan enam perunggu dan urutan ke-10, Jawa Tengah dengan satu emas dan satu perunggu,” katanya.

Ia berharap, pada penyelenggaraan Porwanas XIV para kontingen bisa kembali bertemu. Untuk saat ini, belum ada keputusan terkait siapa tuan rumah penyelenggaraan pekan olahraga untuk para wartawan tersebut.

“Pada Porwanas kali ini memang belum memutuskan siapa yang menjadi tuan rumah. Daerah-daerah bisa mengajukan diri pada saat rapat kerja Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) untuk penentuan tuan rumah Porwanas XIV,” katanya.

Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Atal S Depari menambahkan, pelaksanaan Porwanas XIII tersebut sukses digelar atas kerja sama dan kinerja dari PWI Jawa Timur dengan tiga kepala daerah di Malang Raya.

“Jawa Timur luar biasa, sukses menjadi tuan rumah. Saya berharap Porwanas berikutnya lebih meriah dan menjadi wadah kerukunan wartawan seluruh Indonesia,” katanya.

Pada pelaksanaan Porwanas XIII tersebut, digelar di wilayah Kota Malang dan Kota Batu di 19 tempat dengan mempertandingkan 11 cabang olahraga.

Pesta olahraga untuk wartawan bagi anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ini mempertandingkan sejumlah cabang olahraga, di antaranya futsal, sepak bola, tenis meja, bulu tangkis, dan e-sport.

Gelaran tersebut diikuti 1.300 atlet yang didampingi 900 orang ofisial. Pesta olahraga tersebut juga melibatkan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) yang berjumlah kurang lebih sebanyak 3.000 orang.(*)

The post PWI Jabar Juara Umum, kontingen Papua urutan Empat Hasil Porwanas VIII 2022 first appeared on JUBI TV.

]]>
https://jubitv.id/pwi-jabar-juara-umum-kontingen-papua-urutan-empat-hasil-porwanas-viii-2022/feed/ 0
Korban Penembakan di Kampung Mandopi Manokwari Meninggal Dunia https://jubitv.id/korban-penembakan-di-kampung-mandopi-manokwari-meninggal-dunia/ https://jubitv.id/korban-penembakan-di-kampung-mandopi-manokwari-meninggal-dunia/#respond Fri, 25 Nov 2022 17:49:09 +0000 https://jubitv.id/?p=382814 OTK

Manokwari, Jubi TV – Muhammad Ralas (50), korban penembakan orang tak dikenal di Kampung Mandopi,...

The post Korban Penembakan di Kampung Mandopi Manokwari Meninggal Dunia first appeared on JUBI TV.

]]>
OTK

Manokwari, Jubi TV – Muhammad Ralas (50), korban penembakan orang tak dikenal di Kampung Mandopi, Distrik Manokwari Utara, yang terjadi Rabu (23/11), akhirnya meninggal dunia pada Jumat dini hari sekitar pukul 01.00 WIT di Rumah Sakit TNI AL Dr. Azhar Zahir Manokwari.

Jenazah Muhammad Ralas yang keseharian sebagai Imam Masjid Al-Hijrah di kawasan Borobudur, Manokwari, Papua Barat, dimakamkan setelah shalat Jumat di Pekuburan Muslim Pasir Putih Manokwari Timur.

Menurut keterangan pihak keluarga, korban sempat menjalani operasi akibat luka tembak di bagian perut. Namun, tindakan operasi tersebut belum berhasil mengeluarkan proyektil peluru yang masih bersarang di tubuh Ralas sehingga korban rencananya dirujuk ke Makassar, Sulawesi Selatan.

“Operasi pertama, pihak medis RS AL belum berhasil mengeluarkan proyektil peluru sehingga bapak dirawat sambil menunggu proses rujuk ke Makassar. Tetapi, Tuhan berkehendak lain, bapak meninggal dunia Jumat dini hari pukul 01.00 WIT,” ujar Nurmala (43 tahun), istri almarhum Muhammad Ralas dilansir Antara

Dia juga mengungkapkan bahwa pihak keluarga selanjutnya meminta tim medis RSAL Manokwari untuk melakukan operasi kedua kalinya guna mengeluarkan proyektil peluru dari tubuh Ralas sebelum dimakamkan.

“Atas permintaan kami, tim medis RSAL melakukan operasi mengeluarkan peluru dan benar operasi dilakukan setelah bapak meninggal dunia,” ucapnya.

Pihak keluarga Muhammad Ralas menaruh harapan sepenuhnya kepada aparat kepolisian untuk segera mengungkap identitas dan menangkap pelaku penembakan tersebut.

“Kami berharap polisi dapat menangkap pelaku penembakan agar jangan lagi ada korban berikutnya” tutur Nurmala.

Dia menjelaskan bahwa almarhum suaminya bukan orang baru bagi warga Kampung Mandopi (lokasi kejadian) karena hampir sepuluh tahun bekerja di perkampungan itu sebagai operator chainsaw kayu.

“Jadi, bukan hendak mencari kayu bakar, tetapi bapak kerjanya sebagai operator chainsaw kayu di kawasan hutan sekitar Kampung Mandopi, Manokwari Utara, itu sudah sepuluh tahun,” katanya.

Kepala Kepolisian Resor Manokwari Ajun Komisaris Besar Polisi Parasian Herman Gultom saat dikonfirmasi terpisah mengatakan bahwa kasus penembakan warga sipil di kawasan Kampung Mandopi masih dalam penyelidikan.

“Anggota kami saat ini masih bekerja untuk mengungkap para pelaku penembakan,” ujar Kapolres.

 Ia mengatakan bahwa para pelaku masih dikategorikan sebagai orang tak dikenal (OTK) dan akan terus berkembang setelah pengumpulan bahan keterangan di perkampungan sekitar lokasi kejadian.

“Para pelaku belum bisa dikategorikan sebagai kelompok kriminal bersenjata (KKB) karena masih dalam pengembangan. Untuk saat ini masih dikategorikan sebagai OTK,” ujar Herman Gultom.(*)

The post Korban Penembakan di Kampung Mandopi Manokwari Meninggal Dunia first appeared on JUBI TV.

]]>
https://jubitv.id/korban-penembakan-di-kampung-mandopi-manokwari-meninggal-dunia/feed/ 0
Warga Ketengban Pegunungan Bintang Palang Kantor Penghubung KPU di Kota Jayapura https://jubitv.id/warga-ketengban-pegunungan-bintang-palang-kantor-penghubung-kpu-di-kota-jayapura/ https://jubitv.id/warga-ketengban-pegunungan-bintang-palang-kantor-penghubung-kpu-di-kota-jayapura/#respond Fri, 25 Nov 2022 12:26:59 +0000 https://jubitv.id/?p=382785 KPU

Jayapura , Jubi TV– Perwakilan masyarakat, tokoh intelektual, dan ikatan pelajar mahasiswa asal Ketengban, Kabupaten...

The post Warga Ketengban Pegunungan Bintang Palang Kantor Penghubung KPU di Kota Jayapura first appeared on JUBI TV.

]]>
KPU

Jayapura , Jubi TV– Perwakilan masyarakat, tokoh intelektual, dan ikatan pelajar mahasiswa asal Ketengban, Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua Pegunungan, pada Jumat (25/11/2022), melakukan aksi pemalangan kantor penghubung KPU setempat di Kota Jayapura.

Aksi tersebut karena belum adanya respon dari aspirasi yang mereka sampaikan beberapa bulan lalu saat aksi demo di Oksibil, ibu kota Pegunungan Bintang, yang melanggar berkurangnya Daftar Pemiih Tetap atau DPT di wilayah Ketengban.

Penanggungjawab aksi, Pein Lepi saat berkunjung ke redaksi Jubi, Jumat (25/11/2022), menuntut agar pemerintah daerah segera mengembalikan data DPT yang dipangkas tanpa sepengetahuan masyarakat di Ketengban, khususnya di daerah pemilihan tiga.

“Kami mewakili tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh gereja, intelektual dan masyarakat menuntut kepada pemerintah daerah untuk segera kembalikan data pemilih tetap penduduk yang dipangkas tanpa sepengetahuan, lebih khusus masyarakat Ketengban dan Pegunungan Bintang umumnya,” kata Pein Lepi.

Ia mencurigai pemangkasan jumlah pemilih ini dilakukan oknum-oknum tertentu yang bermain, maka pemerintah daerah, KPU dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pegunungan Bintang harus segera menyelesaikan persoalan tersebut.

“Kami tidak ingin ke depannya terutama di 2024 nanti ada masalah, sehingga kami minta itikad baik dari pemerintah untuk merespons terkait jumlah penduduk yang dipangkas itu, dan bupati pun telah berjanji untuk menyelesaikannya,” katanya.

Salah seorang tokoh intelektual Ketengban, Panuel Salawala menyebut pada DPT 2019 di seluruh Pegunungan Bintang sebanyak 140 ribu lebih, dan di dapil tiga sebanyak 39 ribu lebih tetapi sekarang turun menjadi 30 ribu.

“Sampai hari ini data pemilih Pegunungan Bintang ada tiga daerah pemilihan, terutama di dapil tiga terdapat 10 distrik, namun ada tiga distrik terjadi penambahan DPT secara signifikan. Sedangkan tujuh distrik ada penurunan DPT yang signifikan sehingga kami mengubahnya,” kata Panuel Salawala.

Padahal, kata dia, di Ketengban hingga kini tidak terjadi musibah maupun daerah konflik yang menyebabkan adanya penarikan data pemilih, berbeda dengan daerah Kiwirok yang merupakan konflik wilayah justru menimbulkan kenaikan DPT dari dua ribu sekian menjadi empat ribu sekian.

“Padahal banyak warganya yang mengungsi, tapi justru naik. KPU dan Dukcapil harus bekerja sesuai tugas mereka, apalagi KPU harus bekerja independen. Pemutakhiran data harus benar-benar terjadi, bukan asal-asalan,” katanya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Mahasiswa Pelajar Pemuda Suku Ketengban, Willy Soll Willy menyebut jika hal ini tidak ditanggapi oleh pemerintah daerah, maka masyarakat akan kembali menduduki jabatan pemerintah daerah dan KPU dengan massa yang lebih banyak.

“Kami sampaikan ini bukan atas unsur poltik tetapi untuk kepentingan masyarakat, sehingga apabila tidak ditanggapi dengan baik maka akan turun mobilisasi massa lebih besar lagi,” katanya. (*)

Berita ini sudah terbit di Jubi.id dengan judul: Masyarakat tanyakan penarikan DPT di wilayah Ketengban, Pegubin

The post Warga Ketengban Pegunungan Bintang Palang Kantor Penghubung KPU di Kota Jayapura first appeared on JUBI TV.

]]>
https://jubitv.id/warga-ketengban-pegunungan-bintang-palang-kantor-penghubung-kpu-di-kota-jayapura/feed/ 0
Keluarga korban Penganiayaan di Pos Damai Cartenz Keroom akan temui POM Kodam Cendrawasih https://jubitv.id/keluarga-korban-penganiayaan-di-pos-damai-cartenz-keroom-akan-temui-pom-kodam-cendrawasih/ https://jubitv.id/keluarga-korban-penganiayaan-di-pos-damai-cartenz-keroom-akan-temui-pom-kodam-cendrawasih/#respond Fri, 25 Nov 2022 06:12:03 +0000 https://jubitv.id/?p=382781 Satgas TNI

Jayapura, Jubi TV– Elvi Yoku Salah satu orang tua dari anak yang menjadi korban penganiayaan...

The post Keluarga korban Penganiayaan di Pos Damai Cartenz Keroom akan temui POM Kodam Cendrawasih first appeared on JUBI TV.

]]>
Satgas TNI

Jayapura, Jubi TV– Elvi Yoku Salah satu orang tua dari anak yang menjadi korban penganiayaan yang diduga dilakukan prajurit TNI AD di Kabupaten Keerom, menyatakan pihaknya belum menerima hasil penyelidikan atas kasus penganiayaan terhadap anaknya, Rahmat Paisei dan dua orang temannya.

Yoku berharap pelaku penganiayaan segera diproses sesuai hukum yang berlaku di negara ini.

Rahmat Paisei (15) bersama Bastian Bate (13) dan Laurents Kaung (11) dianiayai di Pos Satuan Tugas (Satgas) Damai Cartenz, Jalan Maleo, Kampung Yuwanain, Arso II, Distrik Arso, Kabupaten Keerom pada 27 Oktober 2022. Ketiga anak itu diduga dianiayai sejumlah prajurit TNI AD menggunakan rantai, gulungan kawat dan selang air, hingga harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Yoku mengaku hingga Rabu (23/11/2022) pihaknya belum menerima informasi tentang perkembangan penyelidikan yang dilakukan Polisi Militer Komando Daerah Mliter (Pomdam) XVII/Cenderawasih. Ia juga belum menerima informasi perkembangan penyelidikan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Papua. “Belum di kasih tahu,” kata Yoku kepada Jubi pada Rabu.

Elvi menyatakan pihaknya akan menemui Pomdam XVII/Cenderawasih maupun Komnas HAM Papua guna menanyakan perkembangan penyelidikan atas kasus penganiayaan tersebut. Ia berharap pelaku penganiayaan diproses sesuai hukum yang berlaku di negara ini.“Nanti saya [berkirim pesan] WhatsApp saja untuk tanya,” ujarnya.

Sementara itu Direktur Lembaga Bantuan Hukum Asosiasi Perempuan Indonesia untuk Keadilan atau APIK Jayapura, Nur Aida Duwila menyatakan koalisi sejumlah lembaga pendamping korban di Papua saat ini sedang fokus memberikan pendampingan pemulihan psikososial kepada ketiga anak tersebut.

“Rahmat Paisei bersama temannya butuh pemulihan bukan saja kesehatan tapi juga pemulihan psikososial,” kata Nur kepada Jubi, pada Selasa (22/11/2022). (*)

Berita ini sudah terbit di Jubi.id degan judul: Orangtua anak korban penganiayaan di Keerom belum terima hasil penyelidikan

The post Keluarga korban Penganiayaan di Pos Damai Cartenz Keroom akan temui POM Kodam Cendrawasih first appeared on JUBI TV.

]]>
https://jubitv.id/keluarga-korban-penganiayaan-di-pos-damai-cartenz-keroom-akan-temui-pom-kodam-cendrawasih/feed/ 0
Kontingen PWI Papua Bawa Pulang 2 Medali Emas dari ajang Porwanas https://jubitv.id/kontingen-pwi-papua-bawa-pulang-2-medali-emas-dari-ajang-porwanas/ https://jubitv.id/kontingen-pwi-papua-bawa-pulang-2-medali-emas-dari-ajang-porwanas/#respond Fri, 25 Nov 2022 05:23:15 +0000 https://jubitv.id/?p=382771 PWI

Malang, Jubi TV– Kontingen Persatuan Wartawan Indonesia atau PWI Papua sukses menutup perjuangan mereka di...

The post Kontingen PWI Papua Bawa Pulang 2 Medali Emas dari ajang Porwanas first appeared on JUBI TV.

]]>
PWI

Malang, Jubi TV– Kontingen Persatuan Wartawan Indonesia atau PWI Papua sukses menutup perjuangan mereka di ajang Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII 2022 di Malang Raya, Jawa Timur, dengan raihan dua medali emas. PWI Papua merebut dua medali emas dari cabang olahraga (cabor) futsal 40 tahun ke atas dan cabor atletik.

“Akhirnya target kita tercapai. Kita bisa membawa pulang dua medali emas dari ajang Porwanas ini. Sebelum datang kita sudah menargetkan untuk meraih medali emas. Terima kasih untuk rekan-rekan yang sudah berjuang keras dan juga buat seluruh jurnalis di Tanah Papua yang sudah memberikan dukungan kepada tim kami,” ujar Plt PWI Papua, Hans Bisay.

Pada pertandingan final yang berlangsung di arena SM Futsal, Kota Malang, Jumat (25/11/2022), tim futsal PWI Papua kategori usia 40 tahun ke atas sukses mengalahkan tim PWI Lampung dengan skor 4-0.

Skuad yang digawangi Pimpinan Redaksi Tabloid Jubi, Jean Bisay, itu tampil memukau sejak menit awal. Mereka terus tampil menekan dan alhasil bisa membuahkan empat gol di gawang Lampung.

Jean Bisay yang juga Ketua SIWO PWI Papua sangat bangga dengan kemenangan timnya. Ia mengatakan ini merupakan medali emas pertama yang berhasil diraih oleh tim Papua.

“Kita bangga bisa mempersembahkan medali emas untuk PWI Papua dari cabor futsal. Ini medali emas pertama futsal yang kita raih di ajang Porwanas,” kata Jean.

Ia juga berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah ikut mendukung perjuangan mereka di ajang bergengsi antar wartawan seluruh Indonesia itu.

“Kemenangan ini bukan hanya untuk kita saja, tapi untuk Tanah Papua dan semua orang yang sudah memberikan dukungan kepada kami, juga kepada pemerintah Papua dan keluarga rekan-rekan yang sudah bertanding,” ucapnya.

Jean berharap atas pencapaian medali emas, Pemerintah Papua bisa memberikan apresiasi ataupun bonus kepada rekan-rekan jurnalis yang sudah berjuang membawa nama Papua di pentas nasional.

“Kami tidak berharap banyak, tapi kami sangat membutuhkan dukungan dan apresiasi dari Pemerintah Papua, karena kita juga bawa nama Papua,” ujarnya.

Sementara itu, dari cabor atletik, Gerson May juga berhasil mempersembahkan medali emas untuk kontingen PWI Papua. Gerson merebut medali emas dari nomor lari 5000 meter dengan catatan waktu 22 menit 52,14 detik.

Kontingen PWI Papua pada ajang Porwanas XIII Malang Raya ini sukses menggondol dua medali emas dan dua medali perunggu yang dihasilkan dari cabor biliar. (*)

Artikel ini sudah terbit di Jubi.id dengan judul: PWI Papua borong 2 emas Porwanas Malang

The post Kontingen PWI Papua Bawa Pulang 2 Medali Emas dari ajang Porwanas first appeared on JUBI TV.

]]>
https://jubitv.id/kontingen-pwi-papua-bawa-pulang-2-medali-emas-dari-ajang-porwanas/feed/ 0
Polda Papua siapkan Pejabat Utama sebagai Penghubung di Provinsi Baru hasil Pemekaran https://jubitv.id/polda-papua-siapkan-pejabat-utama-sebagai-penghubung-di-provinsi-baru-hasil-pemekaran/ https://jubitv.id/polda-papua-siapkan-pejabat-utama-sebagai-penghubung-di-provinsi-baru-hasil-pemekaran/#respond Thu, 24 Nov 2022 10:55:13 +0000 https://jubitv.id/?p=382720 LO

Jayapura, Jubi TV– Kepala Kepolisian Daerah atau Kapolda Papua, Inspektur Jenderal Mathius D Fakhiri mengatakan...

The post Polda Papua siapkan Pejabat Utama sebagai Penghubung di Provinsi Baru hasil Pemekaran first appeared on JUBI TV.

]]>
LO

Jayapura, Jubi TV– Kepala Kepolisian Daerah atau Kapolda Papua, Inspektur Jenderal Mathius D Fakhiri mengatakan dalam waktu dekat dirinya akan melantik para pejabat utama Polda, sebagai Liaison Officer atau LO di tiga provinsi baru hasil pemekaran yaitu Papua Pegunungan, Papua Tengah dan Papua Selatan.

Menurutnya, penunjukan pejabat utama sebagai LO atau pejabat penghubung guna membantu, berkoordinasi, serta berkolaborasi dengan penjabat gubernur di setiap provinsi baru untuk mempersiapkan dari sisi keamanan.

“Tugas-tugas yang dilimpahkan oleh kapolda nanti diperankan oleh pejabat LO itu, berkoordinasi mengenai keamanan sambil menyiapkan bagaimana persiapan pembangunan infrastrutur, menunggu jika nanti telah diperintahkan oleh kapolri untuk pembentukan Polda baru,” kata Mathius Fakhiri, Kamis (24/11/2022) di Mapolda.

Nantinya kata Fakhiri, para pejabat berpangkat komisaris besar atau kombes yang ditugaskan itu, dapat mengkoordinir seluruh kapolres di wilayah masing-masing sesuai dengan DOB yang telah dibentuk, sehingga para kapolres cukup mengawal keamanan di wilayahnya masing-masing.

Ia menyebut, untuk proses pembentukan Polda baru di tiga provinsi masih menunggu perintah dari Mabes Polri, tentunya perlu pembahasan dari berbagai persoalan baik dari SDM maupun infrastruktur di Papua harus dipersiapkan terlebih dahulu.

Selain itu, di tempatkannya pejabat penghubung tersebut nantinya juga untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia atau SDM Polri untuk mengisi kebutuhan dalam pembentukan Polda baru.

“Disinilah tugas LO nanti untuk membantu dan sebagai perpanjangan tangan kapolda, bagaimana melihat kondisi sebenarnya kami akan data ulang, dan akan disampaikan ke kapolri termasuk kompolnas,” ucapnya.

Pentingnya mempersiapkan SDM terlebih dahulu, kata dia, agar pada saat peresmian Polda baru nantinya paling tidak polres-polres yang ada sudah terisi semua oleh personel yang dibutuhkan.

“Kita ketahui yang dimekarkan seperti di Papua Pegunungan saja contohnya masih sangat minim anggota, sehingga harus dipersiapkan dulu. Untuk itu, beberapa hari ke depan akan ada tim dari mabes Polri dan kompolnas melakukan kunjungan ke Papua,” katanya. (*)

Berita ini sudah terbit di Jubi.id dengan judul: Kapolda Papua siapkan pejabat penghubung di tiga provinsi baru

The post Polda Papua siapkan Pejabat Utama sebagai Penghubung di Provinsi Baru hasil Pemekaran first appeared on JUBI TV.

]]>
https://jubitv.id/polda-papua-siapkan-pejabat-utama-sebagai-penghubung-di-provinsi-baru-hasil-pemekaran/feed/ 0