News  

Empat Hari di Lautan, Speedboad berpenumpang 7 Orang ditemukan di Teluk Wondama

Speedboat itu ternyata mengalami kerusakan mesin motor

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Kamal-Antara

Jayapura, Jubi TV– Sempat dikabarkan hilang kontak selama 4 hari, akhirnya tujuh orang penumpang speedboat yang hilang di perairan Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua, ditemukan dalam keadaan selamat di Perairan Pulau Roswar, Kampung Yomber, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat pada Kamis (20/10/2022).

Speedboat itu ternyata mengalami kerusakan mesin motor, sehingga hanyut terbawa arus dan terombang-ambing di laut lepas selama empat hari.

Kepala Bidang Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Musthofa Kamal saat dikonfirmasi wartawan di Kota Jayapura, Kamis (20/10/2022) mengatakan speedboat berpenumpang tujuh orang tersebut ditemukan sekitar pukul 12:00 WP. Kabar itu disampaikan Moctar Raubaba, salah satu penumpang yang sempat hilang kontak itu.

“Mereka ditemukan oleh nelayan Buton asal Nabire yang sedang mencari ikan. Kemudian mereka diantar ke Pulau Roswar, Kampung Yomber, Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat,” kata Kamal.

Kamal menjelaskan speedboat yang sempat hilang kontak itu mengalami kebocoran di perairan Selat Tanjung Woka. Para korban berinisiatif membuang salah satu motor berkapasitas 40 PK yang terpasang, dan menyisakan motor berkapasitas 15 PK.

Akan tetapi, motor berkapasitas 15 PK itu ternyata rusak, sehingga speedboat itu terbawa arus ke perairan Pulau Mandena. Akan tetapi, perubahan arus kemudian membawa mereka ke laut lepas.

“Jadi mereka mengapung di lautan selama empat hari, dengan hanya mengandalkan air laut untuk diminum, dan sayur terong mentah yang sebelumnya dipersiapkan untuk dibawa ke Kampung Miosnum. Saat ini semua penumpang dalam kondisi baik dan sehat. Hanya saja, [mereka] masih mengalami trauma akibat terombang-ambing di laut lepas selama empat hari,” kata Kamal.

Kamal mengatakan pencarian speedboat itu melibatkan personel Kepolisian Resor Kepulauan Yapen, SAR Serui, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Yapen, SAR Biak, dan masyarakat setempat. (*)

Berita ini sudah terbit di Jubi.id dengan judul: 7 penumpang speedboat ditemukan selamat di Teluk Wondama

Komentar
Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari News Room Jubi. Mari bergabung di Grup Telegram “News Room Jubi” dengan cara klik link https://t.me/jubipapua , lalu join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 400x130